Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home masjid detail berita

Masjid KH Hasyim Asyari Gelar Pesantren Ramadhan Selama 21 Hari

redaksi Ahad, 03 April 2022 - 08:10 WIB
Masjid KH Hasyim Asyari Gelar Pesantren Ramadhan Selama 21 Hari
Masjid KH Hasyim Asyari. Foto: Suandri Ansah.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya KH Hasyim Asyari di Jakarta Barat menyuguhkan beragam agenda untuk menyemarakkan syiar Ramadhan. Sekretaris DKM KH Hasyim Asyari, Humaidi Hambali mengatakan, masjid raya pertama di DKI Jakarta ini mengadakan sejumlah kegiatan pembinaan rohani, yakni buka puasa bersama, tausiyah setelah dzuhur dan tarawih, peringatan Nuzulul Qur'an, dan i'tikaf.

Selain itu, DKM juga mengadakan Pesantren Ramadhan selama 21 hari. "Kita menyiapkan kuota hanya 100 orang, syarat pesertanya adalah mereka yang berusia maksimal 30 tahun, jadi memang untuk anak-anak santri, SMP, SMA, dan kuliah," kata Humaidi saat diwawancara Langit7.id, akhir pekan ini.

Pesantren Ramadhan Masjid KH Hasyim Asyari bertujuan membina generasi muda untuk memperkuat nilai-nilai Islam yang berkarakter ahlus sunnah wal jamaah. Pesantren Ramadhan berlangsung mulai dari tanggal 3 sampai 21 Ramadhan.

Baca Juga: Tarawih Pertama di Masjidil Haram, Jumlah Rakaat Dikurangi

"Masyarakat yang ingin mendaftar bisa mengakses akun instagram resmi Masjid KH Hasyim Asyari. Di sana kami up date rangkaian kegiatan Ramdahan," kata Humaidi.

Humaidi menambakan, pelaksanaan shalat tarawih di Masjid KH Hasyim Asyari akan berlangsung normal tanpa pembatasan shaf dan jamaah. Meski demikian, ia mengingatkan agar jamaah yang datang tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Menyiapkan dan Mengelola Pesantren Kilat Ramadhan di Masa Pandemi

"Kapasitas full, tidak ada jaga jarak," katanya.

Bila terisi penuh, Masjid KH Hasyim Asyari dapat menampung hingga 12.500 jamaah. Masjid tersebut terletak di bilangan Daan Mogot Jakarta Barat.

Baca Juga: Muhammadiyah Sebut Tak Diundang Sidang Isbat, Ini Kata Kemenag

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan