Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 03 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Islamic Book Fair Jaga Nyala Perbukuan dan Literasi Islam Pascapandemi

Muhajirin Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:00 WIB
Islamic Book Fair Jaga Nyala Perbukuan dan Literasi Islam Pascapandemi
Islamic Book Fair 2020 sebelum pandemi covid-19 (foto: istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Arus digitalisasi berdampak pada minat membaca. Buku terlebih yang berbentuk fisik makin jarang diminati, termasuk buku-buku keislaman. Selain itu, pandemi Covid-19 juga membuat banyak bisnis seret, termasuk penerbitan buku.

Hal tersebut diakui oleh Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta, Hikmat Kurnia. Situasi hari ini, tidak mudah bagi perbukuan Islam untuk terus eksis.

Kendati demikian, dia memilih optimis untuk terus menyalakan nyala perbukuan Islam lewat gelaran Islamic Book Fair (IBF). Dia berharap IBF bisa menjadi momentum penting untuk mengangkat lagi khazanah perbukuan Indonesia.

"Walaupun situasi sekarang ini tidak mudah bagi dunia perbukuan Islam, namun kami meyakini IBF harus terselenggara," kata Hikmat kepada LANGIT7.ID, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Perpustakaan Masjid, Kemenag Ajak Masyarakat Wakaf Buku

IBF akan digelar pada 3-7 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini merupakan yang ke-20 sejak digelar pada 2002 silam, setelah sempat tertunda pada 2021 akibat pandemi Covid-19.

Dia menegaskan, IBF bisa menjadi pemantik bagi bangkitnya dunia perbukuan Islam saat dihantam disrupsi teknologi digital dan diinterupsi oleh covid-19.

"Event IBF adalah momentum untuk merawat, menumbuhkan optimisme, dan terus mengembangkan khazanah perbukuan Islam," ucap Hikmat.

Di sisi lain, IBF ke-20 menjadi istimewa, karena ini merupakan upaya untuk memberi penyadaran pada masyarakat pentingnya mengajarkan nilai-nilai positif dan optimis. Saat situasi kehidupan begitu menekan, nilai-nilai yang dianut akan menjadi pondasi yang kokoh.

"Saat setiap detik kehidupan mengalami perubahan, bekal literasi Islam akan mampu menjadi sarana untuk menyikapi perubahan itu dengan bijaksana," ujar Hikmat.

Baca Juga: Program Bantuan Perpustakaan Masjid Tingkatkan Literasi Keagamaan

Dia menyebut IBF sebagai “Wisata Literasi Islam” terbaik bagi umat Islam untuk meningkatkan nilai tambah bagi kualitas dirinya. Gelaran ini tidak hanya bermanfaat bagi pelajar, pendidik, penerbit, penulis, pembaca, pemerintah, tetapi seluruh pihak yang mencintai bangsa ini.

"Dengan posisi tersebut, Islamic Book Fair ke-20 akan menjadi wahana bagi tersebarnya ide-ide positif bagi optimisme bangsa ini," pungkas Hikmat.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 03 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan