Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

5 Mitos dan Fakta Kesehatan Jantung, Jangan Salah Pilih Asupan

mahmuda attar hussein Kamis, 27 Oktober 2022 - 14:45 WIB
5 Mitos dan Fakta Kesehatan Jantung, Jangan Salah Pilih Asupan
Makanan sehat untuk keseatan jantung. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Terdapat 5 mitos dan fakta mengenai kesehatan jantung yang mesti dipahami masyarakat. Jangan sampai salah pilih asupan, hanya karena kabar beredar.

Ada banyak mitos dan fakta di internet mengenai kesehatan jantung. Mulai dari rokok, vaping, garam laut, sampai kopi. Lalu benarkah seperti itu?

Langit7 merangkum 5 hal mengenai mitos dan fakta kesehatan jantung melansir Huffpost. Berikut kondisi sebenarnya:

Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung Koroner, Begini Cara Penanganannya

1. Aspirin

Ada yang mengatakan bahwa aspirin dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Sehingga aspirin dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Kendati demikian, rejimen tersebut bukan berarti berlaku untuk semua orang. Sebab ada risiko efek samping, salah satunya seperti pendarahan gastrointestinal.

2. Garam laut lebih sehat daripada garam meja

Dikatakan garam laut melalui proses pembuatan yang lebih sedikit ketimbang garam meja, sehingga lebih sehat.

Padahal antara garam laut dan garam meja, keduanya memiliki nilai gizi dasar yang sama. Bahkan, tubuh juga memprosesnya dengan cara yang sama persis.

Artinya, apa pun jenis garam yang dipilih tetap akan berdampak negatif bila terlalu banyak dikonsumsi. Salah satunya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Minyak kelapa lebih sehat

Minyak kelapa murni disebut mengandung kolesterol baik, serta memiliki manfaat antimikroba dan antioksidan. Namun kandungan lemak jenuhnya masih sangat tinggi, yaitu sekitar 50 persen lebih banyak daripada mentega.

Di mana lemak jenuh yang dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan risiko terkena stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Vaping lebih baik daripada rokok

Dengan cara apapun, tetap saja vaping dan rokok sama-sama berbahaya bagi kesehatan. Di dalam vape juga terkandung bahan kimia dan minyak beracun yang berpotensi dapat melukai paru-paru.

Menggunakan liquid vape bernikotin, sama saja menukar kecanduan rokok dengan kecanduan vape. Nikotin tidak hanya membuat ketagihan, tapi juga dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan hipertensi.

5. Kopi baik untuk jantung

Minum sekira dua atau tiga cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Ini berlaku untuk orang dengan dan tanpa penyakit kardiovaskular.

Padahal, kafein dalam kopi dapat merangsang dan memperburuk palpitasi, yaitu jantung berdebar kuat, cepat, atau tidak teratur.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan