alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home masjid detail berita

Hukum Selebrasi Gol dengan Sujud Syukur di Lapangan

Muhajirin Rabu, 23 November 2022 - 20:35 WIB
Hukum Selebrasi Gol dengan Sujud Syukur di Lapangan
Momen selebrasi sujud pemain Timnas Arab Saudi usai cetak gol ke gawang Argentina (foto: AP)
LANGIT7.ID - Pemain Timnas Arab Saudi beberapa kali tertangkap kamera melakukan selebrasi sujud setelah mencetak gol ke gawang Timnas Argentina pada Selasa (22/11/2022). Kebiasaan selebrasi dengan sujud juga kerap dilakukan pesepak bola muslim lain termasuk dari Indonesia. Lalu, bagaimana hukumnya?

Sujud yang boleh dilakukan di luar shalat adalah sujud tilawah dan sujud syukur. Ada juga sujud sahwi. Mayoritas ulama dalam kitab Asnal Mathalib dan Bidayatul Mujtahid berpendapat, sujud di luar shalat harus dalam keadaan suci. Namun, ada pula ulama lain yang berpendapat tidak demikian.

Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid berpendapat, selebrasi sujud di lapangan sebaiknya dihindari. Itu karena pakaian pesepakbola cenderung tidak menutup aurat dan tidak bisa dipastikan dalam keadaan suci.

Baca Juga: Momen Pemain Arab Saudi Sujud Syukur Rayakan Kemenangan atas Argentina

Menurut dia, selebrasi menyerupai sujud dalam shalat tidak bisa dikategorikan sebagai sujud syukur atau ibadah. Maka itu, dia menganjurkan untuk menghindari sujud seperti itu.

“Tidak bisa dikatakan sebagai sujud syukur, karena sujud syukur itu ada caranya, angkat tangan, niat doa, itu baru akan termasuk ke dalam sujud syukur. Kalau perbuatan itu tidak dimaksudkan untuk ibadah, pun dihindari agar tidak menyerupai perbuatan ibadah,” kata Habib Ali dalam tausiyahnya di kanal YouTube Cocombee, dikutip Rabu (23/11/2022).

Hal serupa disampaikan Ustadz Abdul Somad (UAS). Menurut dia, selebrasi sujud tidak bisa dikategorikan sebagai sujud syukur. Maka itu, tidak sah dikatakan sebagai sujud syukur, meskipun dalam konteks mensyukuri nikmat. Namun, tidak masalah jika ingin selebrasi sujud usai mencetak gol.

“Tidak sah. Tidak disyaratkan wudhu untuk sujud syukur, menutup aurat. Pesepakbola yang muslim biasanya dipakai celana karet sampai di lutut, nanti baru celana itu sampai pangkal paha, tertutup pusar, dia sujud syukur sudah gol, boleh,” kata UAS dalam salah satu tausiahnya.

Baca Juga: Pangeran Saud Unggah Momen Sujud Sukur Usai Arab Saudi Menang Lawan Argentina

Dalil mengenai sujud syukur adalah hadits Nabi SAW yang disampaikan Abu Bakar:

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا أتاه أمر يسّره أو بشِّر به خرّ ساجدا شكرا لله تعالى

“Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW apabila mendapatkan perkara yang membuatnya senang atau membuatnya bahagia maka dia menjatuhkan diri untuk bersujud, bersyukur kepada Allah.” HR Abu Daud, Ibnu Majah, dan at-Tirmidzi).

Dalam fikih Sunnah karya Sayyid Sabiq, beberapa ulama memperbolehkan sujud syukur tanpa harus berwudhu. Itu merujuk pada dalil-dalil umum tentang sujud syukur yang dilakukan oleh Nabi SAW.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Muslim Dunia Selebrasi Gol dengan Sujud Syukur

Tidak ada petunjuk yang memberi informasi apakah Nabi SAW memiliki hadas atau tidak apakah nabi dalam keadaan berwudhu atau tidak. Begitu juga hadits yang diriwayatkan oleh Abdurrahman:

Abdurrahman menceritakan: suatu ketika Rasulullah SAW keluar kemudian aku mengikuti beliau. Ketika beliau masuk ke kebun kurma, beliau bersujud dengan memanjangkannya sehingga membuatku takut atau khawatir jika Allah mewafatkan atau mencabut ruhnya.

Maka, aku mendekati beliau dan memperhatikan, tiba-tiba beliau mengangkat kepalanya, lalu bertanya: “Ada apa denganmu wahai Abdurrahman?”

Saya pun menerangkan hal itu kepada beliau, dan beliau menjawab: “Jibril berkata kepadaku, ‘Apakah kamu mau aku sampaikan kabar gembira kepadamu, sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman kepadamu: ‘Barangsiapa bershalawat kepadamu, niscaya Aku akan bershalawat kepadanya, dan barangsiapa yang mengucapkan salam kepadamu niscaya Aku akan akan mengucapkan salam kepadanya’. Maka aku bersujud untuk bersyukur kepada Allah.” (HR Ahmad)

Baca Juga: Cara Sujud Syukur sesuai Contoh dari Nabi Muhammad SAW


(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan