Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Cek Fakta: 3 Hoaks Terkait Syiar Islam di Piala Dunia Qatar

Muhajirin Kamis, 24 November 2022 - 05:00 WIB
Cek Fakta: 3 Hoaks Terkait Syiar Islam di Piala Dunia Qatar
ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Qatar menjadi negara muslim pertama yang menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia. Qatar memang memanfaatkan momen Piala Dunia 2022 sebagai ajang mempromosikan Islam di mata dunia. Negara kaya minyak itu mempertahankan nilai-nilai Islam yang dianut di negara tersebut.
Sejumlah cara dilakukan Qatar untuk syiar Islam, seperti pembukaan yang melibatkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an hingga pemasangan poster berisi hadits di seantero Doha.

Namun, banyak hoaks terkait syiar Islam yang tersebar di media sosial selama pesta sepak bola empat tahunan itu digelar sejak Ahad (20/11/2022). Berikut di antaranya:

1. Pembacaan Surah Ar-Rahman di Pembukaan Piala Dunia


Beredar di dinding maya sebuah visual pembacaan Surah Ar-Rahman oleh banyak anak-anak dengan narasi dilakukan di upacara pembukaan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Namun, narasi dalam video tersebut mengandung hoaks.

Baca Juga: Jepang Menang Bikin Jerman Menangis, Trauma Asia Belum Berakhir

Mengutip laman factly-in, video yang diklaim tersebut sudah berusia satu tahun. Video itu bukan dibacakan dalam pembukaan Piala Dunia 2022, tapi dalam upacara peresmian Stadion Al Thumama di Qatar. Qatar meresmikan stadion Al Thumama untuk Final Piala Amir pada Oktober 2021.

Pada upacara pembukaan Piala Dunia 2022 pada 20 November 2022, Ghanem Al-Muftah membacakan ayat-ayat Al Quran di hadapan aktor Morgan Freeman. Namun, video yang dibagikan dalam postingan tersebut sudah lama dan tidak menampilkan visual terbaru dari upacara pembukaan Piala Dunia FIFA 2022.

Oleh karena itu, klaim yang dibuat dalam unggahan tersebut adalah hoaks.

Baca Juga: Lantunan Al-Quran Buka Piala Dunia 2022 Qatar, Ghanim Al Muftah Baca Surat Al-Hujurat

2. Salat Berjamaah di Stadion


Hoaks selanjutnya tentang sebuah foto dan video yang memperlihat salat berjamaah di dalam stadion. Akun yang mengunggah foto yang mengklaim shalat berjamaah digelar di dalam stadion dalam perhelatan Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, foto itu sebenarnya diambil pada Ramadhan 2019 di sebuah stadion di Kazan, Rusia. Di kursi tribun penonton tertulis kata-kata Kazan. Kazan adalah Ibu kota Republik Tatarstan di Rusia. Namun, banyak warganet mengaitkan foto tersebut dengan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Video tersebut bisa ditemukan di situs resmi Republik Tatarstan dengan judul VII Republican Iftar (judul asli ditulis dalam bahasa Rusia). Iftar adalah buka puasa bagi umat Islam pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: Emir Qatar: Piala Dunia Satukan Semua Keyakinan

Stadion Ak Bars, sebelumnya dikenal sebagai Kazan Arena, sudah menjadi tuan rumah beberapa olahraga internasional di Kazan. Menurut situs resmi walikota Kazan Ilsur Metshin, Kazan Arena menjadi tuan rumah Buka Puasa Republik VII pada 25 Mei 2019.

Situs itu lebih lanjut mengatakan, acara tersebut dipimpin oleh presiden Partai Republik Tatarstan, Rustam Minnikhanov, dan pejabat pemerintah lainnya. Tatarstan telah menjadi tuan rumah Iftar Partai Republik sejak 2013.

Selain itu, kanal YouTube Pesan Islam dan halaman Facebook Komunitas Muslim NEPAL juga memposting video yang sama pada Juni 2019. Kedua postingan itu mengklaim rekaman tersebut berasal dari Kazan Arena/Stadion Ak Bars Arena di Kazan, Rusia.

Baca Juga: Kenalkan Islam, Qatar Sambut Suporter Piala Dunia 2022 dengan Hadits Nabi

Maka, narasi yang beredar di media sosial terkait shalat jamaah di dalam stadion dalam perhelatan Piala Dunia 2022 adalah hoaks.

3. Bingkisan Berisi Booklet Pengenalan Islam


Beredar di media sosial tentang penonton pembukaan Piala Dunia Qatar mendapatkan bingkisan goodie bag berisi sajadah, parfum, dan booklet pengenalan islam dengan 10 bahasa.

Unggahan tersebut tidak sepenuhnya salah. Hanya ada informasi yang disampaikan tidak sesuai fakta, yakni keberadaan sajadah dan booklet pengenalan Islam dalam 10 bahasa.

Mengutip The Sun, goodie bag yang diberikan kepada penonton tidak berisi sajadah dan booklet pengenalan Islam. isi goodie bag itu hanya merchandise Piala Dunia 2022 Qatar seperti bendera, lencana pin, dan sebotol parfum.

Baca Juga: Hadiah Piala Dunia 2022 Capai Rp6,8 Triliun, Ini Rinciannya


(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan