Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 29 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Hindari 7 Hal Ini Saat Anak Mulai Tumbuh Jerawat, Ciri Pubertas

mahmuda attar hussein Rabu, 21 Desember 2022 - 14:50 WIB
Hindari 7 Hal Ini Saat Anak Mulai Tumbuh Jerawat, Ciri Pubertas
Hindari 7 Hal Ini Saat Anak Mulai Tumbuh Jerawat, Ciri Pubertas. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 7 hal yang mesti dihindari saat wajah anak mulai ditumbuhi jerawat. Masa pubertas memang tak bisa dihindari, tapi bukan berarti orangtua bisa abai.

Jerawat kerap kali tumbuh di wajah anak saat mereka memasuki masa pubertas. Namun, jerawat juga seringkali menyerang orang dewasa bahkan anak kecil sekalipun.

Jerawat pada anak-anak lebih sulit diatasi karena mereka masih memiliki kulit yang masih sensitif. Untuk itu, hindari 7 hal ini ketika anak mulai ditumbuhi jerawat:

Baca Juga: Psikolog: Kenalkan Pubertas Sejak Dini pada Anak

1. Mencuci wajah

Menukil laman Health Shots, mencuci wajah memang baik untuk membersihkan permukaan wajah dari minyak dan kotoran. Namun bila dilakukan secara berlebihan justru bisa memperburuk keadaan.

Mencuci wajah terlalu sering atau setiap jam dapat menyebabkan kulit iritasi, sehingga dapat membuat kulit lebih rentan dan menambah masalah berikutnya.

Sebaliknya, gunakan air suam-suam kuku, sabun pencuci muka yang lembut dan gunakan hanya sekali atau dua kali sehari. Jangan gosok bagian wajah yang berjerawat karena dikhawatirkan dapat membuat luka baru pada wajah.

2. Jangan pencet jerawat

Penanganan masalah jerawat memang membutuhkan cukup waktu. Anak-anak yang kesal mungkin akan memencet dan memecahkan jerawat mereka.

Hal ini mestinya harus dihindari, karena memecahkan jerawat hanya akan membuat pori-pori wajah terbuka dan menimbulkan peradangan. Sehingga justru akan memperburuk penampilan dan memakan waktu penyembuhan lebih lama.

3. Jangan sampai dehidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah langkah yang baik. Untuk itu, mintalah anak-anak untuk meminum setidaknya tiga hingga empat liter air sehari.

Air akan membantu menjaga kulit terhidrasi dengan baik, dan karena itu merawat jerawat menjadi lebih mudah.

4. Hindari penggunaan ponsel

Banyak orang yang masih malas mencuci tangannya ketika menggunakan ponsel. Lantas ponsel itu dimainkan oleh anak dan menyebabkan noda wajah serta masalah kulit lainnya.

Sebagai orang tua, Sahabat dianjurkan untuk membersihkan layar ponsel setelah beberapa kali penggunaan. Hal itu dilakukan demi menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menyebabkan jerawat.

5. Jauhi produk susu

Anak mesti menghindari untuk mengonsumsi produk susu atau apapun yang berbahan dasar susu, karena itu dapat memperparah jerawat.

6. Hindari junk food

Anak-anak yang berjerawat juga tidak boleh mengonsumsi makanan berminyak atau junk food. Termasuk burger keju, kentang goreng, dan makanan gorengan lainnya.

Selain tidak bermanfaat, junk food juga dapat merusak kesehatan kulit. Sebagai gantinya, makanlah buah dan sayuran sehat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

7. Jangan sentuh wajah

Hindari menyentuh wajah berulang kali, apalagi dengan tangan yang kotor. Sebab, minyak, kotoran, dan bakteri pada telapak tangan yang menempel ke kulit wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Adapun bagi Sahabat yang memiliki masalah jerawat cukup parah dianjurkan untuk segera melakukan pengobatan ke dokter. Sehingga bisa diidentifikasi terkait tingkatan tinggi rendahnya masalah kulit yang tengah dihadapi.

Perawatan jerawat bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit. Jika Sahabat menemui anak sedang berjerawat, mintalah saran dari dokter kulit.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 29 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan