Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 05 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Ketertarikan pada Politik Bawa Ayana Moon Mengenal Mahathir Mohamad

Muhajirin Jum'at, 10 Maret 2023 - 20:40 WIB
Ketertarikan pada Politik Bawa Ayana Moon Mengenal Mahathir Mohamad
Ayana Moon dan mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad. Foto: Instagram.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Selebgram dan model berkebangsaan Korea Selatan, Ayana Moon mengaku tertarik dengan dunia politik. Ketertarikannya tersebut diceritakan Ayana melalui unggahan di Instagram belum lama ini.

Ketertarikan Ayana pada politik membawa dirinya mengenal mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad. Melalui unggahannya, tampak Ayana berfoto dengan Tun Mahathir.

Baca juga: Sontek 7 Gaya Fesyen Ayana Moon yang Sederhana dan Segar

"Karena saya tertarik dengan politik dan urusan terkini sejak kecil, saya memiliki banyak kesempatan untuk mendengar tentang Tun M," kata Ayana, dikutip Jumat (10/3/2023).

View this post on Instagram

A post shared by Ayana Jihye Moon (@xolovelyayana)



Tun Dr Mahathir bin Mohamad adalah politikus senior Malaysia yang menjabat sebagai Perdana Menteri pada 1981-2003. Ia kembali terpilih untuk keduakalinya pada 2018 hingga 2020 menggantikan Najib Razak.

Ayana mengaku terkesan dengan nada bicara Tun Mahathir yang lugas dan jujur pada rakyatnya. Kesan tersebut didapat Ayana setelah dirinya membaca buku "Dilema Melayu" saat duduk di bangku SMA.

"Tidak hanya dalam buku-bukunya, tetapi juga dalam pidato dan pernyataannya, karakternya terlihat dan memikat saya," terang pemilik nama lengkap Ayana Jihye Moon ini.

Beberapa sikap Mahathir disebut Ayana mencerminkan kepribadiannya yang lugas dan tegas. Seperti saat Mahathir melawan spekulan modal asing, salah satunya dengan George Soros, untuk memulihkan negaranya tanpa bantuan IMF selama krisis ekonomi Asia tahun 1997 silam.

Baca juga: Satu-satunya Prajurit Muslim di Kamp Wamil, Ini Perjalanan Mualaf Aydin Adik Ayana Moon

Kemudian, sikap diplomatik Mahathir yang tanpa kompromi terhadap Israel, hingga kritik kerasnya pada proyek BRI China.

"Dia selalu membuat saya takjub," kagum Ayana yang lahir pada 28 Desember 1995 ini.

Walau begitu, Ayana memahami bahwa sebagai seorang politikus, penilaian terhadap Mahathir ada banyak persepsi. Hanya saja, menurut Ayana, fakta Mahathir sebagai bapak industrialisasi yang memodernisasi Malaysia tak terbantahkan.

"Di bawah kepemimpinannya, Malaysia menjadi satu-satunya negara yang mencapai pembangunan dan modernisasi nasional dengan tetap mempertahankan identitas Islam dan Muslimnya sampai akhir," lanjut perempuan yang menjadi mualaf sejak 11 tahun lalu ini.

"Selain itu, beliau mendorong para pemuda di Asia di luar Malaysia untuk melepaskan diri dari tatanan dunia yang berpusat pada Barat/Eropa dan berperan aktif di pentas dunia," tegasnya.

Baca juga: Ayana Moon Tak Berhijab di Korea, Bolehkah Lepas Jilbab di Negara Minoritas Muslim?

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 05 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan