Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home masjid detail berita

Prof Didin Ungkap Produk Halal Jamin Keselamatan Hidup

Muhajirin Senin, 29 Mei 2023 - 09:00 WIB
Prof Didin Ungkap Produk Halal Jamin Keselamatan Hidup
Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Prof KH Didin Hafidhuddin
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof KH Didin Didin Hafidhuddin, mengatakan, produk halal menjamin keselamatan hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Ada berbagai syarat untuk meraih keselamatan dan kebahagiana hidup, salah satunya membiasakan untuk mengomsumsi, memakai pakaian, dan melakukan kegiatan usaha (ma'isyah) yang berkaitan dengan produk halal.

"Baik materinya atau bendanya, cara mengolahnya, dan cara mendapatkannya," kata Prof Didin saat menyampaikan Khutbah Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, dikutip Senin (29/5/2023).

Menurut Prof Didin, jika tidak membiasakan atau tidak peduli dengan perkara halal, maka dianggap mengikuti langkah-langkah setan. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW menekankan bahaynya bergelimang dengan harta haram, doa tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Baca juga:Indonesia Ingin Jadi Pusat Produsen Produk Halal Dunia

"Rizki yang halal akan memberikan kedamaian dan ketenangan bagi kita dan bagi keluarga kita di masa mendatang. Termasuk juga bagian dari syukur dan ibadah kita pada Allah SWT," tutur Prof Didin.

Sebaliknya, rizki yang haram akan merusakan tatanan kehidupan manusia, baik pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 188:

"Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui." (QS Al-Baqarah: 188)

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan kepada kepada kaum mukminin dengan sesuatu yang Allah perintahkan pula kepada para rasul. Maka, Allah SWT berfirman:

"Wahai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal shalih." Dan Allah SWT berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, makanlah kalian dari rezeki yang baik-baik yang telah kami berikan kepada kalian."

Kemudian beliau SAW menyebutkan seseorang yang melakukan perjalanan panjang dalam keadaan dirinya kusut dan kotor, dia mengadahkan kedua tangannya ke langit seaya berdoa:

"Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku," namun makanannya haram, minumannya haram, dan pakaiannya haram dan kenyang dengan sesuatu yang haram, lalu bagaimana mungkin doanya akan dikabulkan?" (HR Muslim)

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan