Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 29 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Biaya Makin Mahal, Ini Cara Siapkan Dana Pendidikan Anak ala Prita Ghozie

esti setiyowati Jum'at, 09 Juni 2023 - 08:00 WIB
Biaya Makin Mahal, Ini Cara Siapkan Dana Pendidikan Anak ala Prita Ghozie
Biaya pendidikan makin tinggi, Prita Ghosie memberikan tips menyiapkan dana untuk anak
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak tentu menjadi impian setiap orang tua. Salah satu cara untuk mewujudkannya dengan menyiapkan dana pendidikan.

Certified Financial Planner dan CEO ZAP Finance, Prita Ghozie membagikan beberapa cara menyiapkan dana pendidikan sang buah hati.

"Setiap anak itu unik dan memiliki minat serta bakat yang berbeda. Pemilihan sekolah anak menjadi sangat personalized dan tidak bisa dibilang sekolah ini 100 persen better than the other," kata Prita Ghozie dikutip dari Instagramnya, @pritaghozie, Kamis (8/6/2023).

Karena itu untuk memutuskan sekolah yang tepat untuk anak, Prita mempunyai tips sendiri yaitu dengan tes minat bakat sebagai salah satu panduan.

Baca juga:Usia 24 Tahun, Maria Apriliani Gani Raih Doktor dengan IPK Sempurna 4.00

"Selama ini, kami sebagai parents punya checklist khusus saat memilih sekolah dari jenjang Playgroup hingga SMA," lanjut lulusan Universitas Indonesia ini.

Kemudian, lanjut Prita, orang tua perlu melakukan riset biaya sekolah. Menurut Prita, umumnya biaya pendidikan terdiri dari uang pangkal, uang bulanan, dan biaya tersembunyi.

"Uang pangkal sebaiknya jadi komponen penentu awal dalam perencanaan dana pendidikan," imbuhnya.

Dosen Fakultas Ekonomi UI ini pun menyarankan untuk hanya riset sekolah yang sesuai kemampuan.

Langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan dana pendidikan. Orang tua sebaiknya memproyeksikan perkiraan biaya sekolah saat tahun anak mendaftar.

Dia mengingatkan untuk antisipasi potensi kenaikan biaya pendidikan di sekolah tersebut. Ini berhubungan untuk mengetahui kebutuhan menabung dan investasinya. "Variasinya mulai dari naik 5-20 persen per tahun," tandas ibu dua anak ini.

Menabung atau berinvestasi untuk rencana dana pendidikan anak, kata Prita, sebaiknya ditentukan oleh sumber penghasilan dan jenis pekerjaan orang tua.

Saat menabung untuk dana pendidikan untuk kedua anaknya, Prita mempunyai tips dengan mengumpulkan dana darurat serta asuransi jiwa untuk sang suami. Ia pun rajin berinvestasi setiap bulan dari gaji dan boost up ketika mendapat bonus.

Terakhir tips Prita untuk persiapan dana pendidikan anak adalah evaluasi perencanaan dana pendidikan anak. "Apakah kemajuannya sesuai dengan harapan? Jika ada perubahan kehidupan, apa Plan B?" lanjutnya.

Bagi Prita, apapun rencana keuangan orang tua, urusan dana pendidikan anak harus terus di-update. "Saat ada rezeki lebih, utamain dana pendidikan sebelum liburan ke Jepang, tiket konser, atau upgrade mobil," tutupnya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 29 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan