Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home masjid detail berita

8 Sifat Orang Mukmin yang Dicintai Allah SWT

Muhajirin Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:00 WIB
8 Sifat Orang Mukmin yang Dicintai Allah SWT
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Mencapai level orang beriman dan dicintai oleh Allah SWT tidak bisa didapatkan begitu saja. Setidaknya ada sifat-sifat tertentu yang bisa menjadikan seorang mukmin dicintai oleh Allah SWT.

Mengutip About Islam, untuk menjadi seorang mukmin yang dicintai Allah, ada delapan sifat yang perlu diperhatikan. Di antaranya:

Pertama, bertaubat. Sesungguhnya Allah menyukai orang yang selalu bertaubat. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 222.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang bersuci.

Kedua, berbuat baik. Menjadi muslim yang lebih baik perlu dilakukan dengan memilih jalan ihsan, yaitu mengikuti perintah Allah dalam segala hal. Salah satunya adalah berbuat baik. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik (Al-Muhsinin) hal ini disebutkan minimal tiga kali dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman:

"Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuatbaiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS Al-BAqarah: 195)

Ketiga, orang bertawakal. Orang yang bertawakal dan bersandar hanya kepada Allah disebut orang yang bertakwa. Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya (Al-Mutawakilin). Allah SWT berfirman:

"Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal." (QS Ali-Imran: 159)

Keempat, orang yang berlaku adil. Orang yang berbuat adil dikasihi karena Allah mencintai keadilan dan orang yang berbuat adil. Mereka atau gollngan disebutkan setidaknya tiga kali dalam Al-Qur'an. Pertama kali di Surat ke-5 ayat 42, lalu Surat ke-9 ayat 49, dan dan di Surat ke-8 ayat 60.

Kelima, umat yang teguh konsisten (istiqamah). Orang yang istiqamah adalah orang yang berjalan lurus di jalan menuju Allah.

Wahai sekalian manusia. Kerjakanlah amalan-amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian bosan. Dan sungguh, amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keenam, orang yang tabah dan sabar. Allah mencintai kesabaran dan menyukai orang-orang yang tabah (As-Shabirin). Allah SWT berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS Al-Baqarah: 153)

Ketujuh, orang-orang yang bertakwa. Artinya, orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT yang senantiasa menaati syariat agama dan tidak mau berpaling dari kebaikan.

Kedelapan, orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Ada banyak hal yang bisa digolongkan dalam jihad di jalan Allah. Orang yang berjihad bisa berupa orang yang mencari ilmu, memperjuangkan kebaikan bagi sesama, atau pemimpin yang memerangi kebatilan.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan