Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Pergunu Dorong Calon Presiden Beri Keadilan untuk Guru

tim langit 7 Sabtu, 25 November 2023 - 15:00 WIB
Pergunu Dorong Calon Presiden Beri Keadilan untuk Guru
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) Achmad Zuhri menyebutkan ada empat pekerjaan rumah yang harus dijadikan prioritas calon pemimpin ke depan. Khususnya di bidang pendidikan.

Pertama, peningkatan kesejahteraan guru. Zuhri menilai kesejahteraan guru selama ini masih jauh dari harapan khususnya untuk guru-guru swasta dan honorer. Oleh karena itu, isu kesejahteraan guru menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

"Itu yang pertama, kesejahteraan guru jangan hanya jadi jargon-jargon kampanye politik tapi menjadi problematik tersendiri. Kita perlu satu terobosan untuk pemimpin yang akan datang bagaimana kemudian memiliki konsep untuk menyejahterakan guru," kata Zuhri mengutip NU Online, Sabtu (25/11/2024).

Menurut Zuhri, konsep kesejahteraan guru yang perlu menjadi perhatian para pemimpin ke depan meliputi jaminan hidup, gaji yang layak, dan jaminan sosial. Kedua, calon pemimpin harus memiliki program pemerataan guru.

Baca juga:Hari Guru Nasional 2023, Menag Serahkan 98.972 SK Inpassing

Zuhri mendorong pembenahan sistem rekrutmen guru mulai dari pembibitan calon guru harus melalui satu pintu yang terkoordinasi, terukur, terformalisasikan secara baik sehingga guru-guru siap secara mental, konsekuensi, dan memiliki tanggung jawab sebagai guru profesional.

Ketiga, pemimpin harus jadi role model untuk guru. Zuhri mengungkapkan problematika yang dihadapi guru cukup panjang, profesi guru acap kali seperti dokter manusia. Artinya, ketika ada sesuatu cacat moral yang amoral bagi generasi bangsa pasti guru yang disalahkan.

Padahal tidak semuanya seperti itu. Makanya pemimpin ke depan harus menjadi role model artinya secara prinsipil pemimpin apabila di depan memberi teladan, apabila di tengah memberi ilham (inspirasi), apabila di belakang memberi dorongan seperti semboyan Ki Hadjar Dewantara: ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani.

"Bagaimana merangsang guru-guru untuk kemudian mematuhi etika profesi tentu dengan keteladanan. Jadi pemimpin-pemimpin ini harus memberikan contoh kepada guru-guru karena problematika guru cukup panjang," jelasnya.

Keempat, perlindungan untuk guru. Pekerjaan rumah selanjutnya bagi pemimpin mendatang yakni bagaimana profesi guru bisa terlindungi menjadi bermartabat dan membanggakan.

"Jadi anak-anak muda termotivasi untuk menjadi guru karena profesi yang terhormat bermartabat karena itu perlu perlindungan bagi profesi guru," terangnya.

Zuhri menekankan perlindungan terhadap guru perlu menjadi pekerjaan rumah tiap calon pemimpin karena semuanya belum sesuai harapan masih jauh asap daripada panggang.

"Dengan menilik kesadaran pemimpin yang mampu merefleksikan bahwa pentingnya posisi guru untuk masa depan Indonesia sehingga guru harus diutamakan dalam aspek pembangunan bangsa," tandasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan