Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 16 April 2024
home global news detail berita

Debat Kelima Bahas 8 Tema, Begini Persiapan 3 Capres

tim langit 7 Rabu, 31 Januari 2024 - 05:00 WIB
Debat Kelima Bahas 8 Tema, Begini Persiapan 3 Capres
Tiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bergandengan tangan usai debat perdana di KPU, Selasa (12/12/2023) lalu.Foto/dok
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Debat kelima capres akan digelar Minggu (4/2/2024). Debat terakhir ini akan membahas delapan tema yaitu kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Para tim ketiga pasangan calon telah menyiapkan strategi untuk menghadapi debat pamungkas nanti.

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto membeberkan kesiapan calon presiden (capres), Ganjar Pranowo. Tema debat kali ini menurut Andi sangat dikuasai Ganjar.

“Tema debat kelima ini Mas Ganjar banget karena Mas Ganjar memiliki pengalaman yang cukup panjang dan konkret di bidang-bidang yang masuk dalam seluruh tema debat,” kata Andi.

Dia mengatakan, Ganjar selalu turun lapangan memonitor kebijakan dan programnya selamat 10 tahun menjadi Gubernur Jawa Tengah.

“Dan masih turun ke masyarakat walau sudah tidak menjabat gubernur, maka baginya debat hari Minggu nanti adalah sesuatu yang alami. Beliau sudah sering berdebat untuk kepentingan rakyat,” kata dia.

Baca juga:Bawaslu: Peserta Pemilu Bagi-Bagi Sembako Masuk Kategori Politik Uang

Soal kesejahteraan sosial, Ganjar telah secara konkret memberantas kemiskinan dengan mengedepankan kesejahteraan rakyat. Sebut saja angka kemiskinan Jawa Tengah (Jateng) yang turun dari 14,44% pada tahun 2013 sebelum dia menjabat Gubernur, menjadi 10,98% pada 2022.

“Melalui berbagai upaya pengentasan kemiskinan ekstrem, termasuk program listrik gratis, perbaikan jutaan rumah tak layak huni, dan subsidi transportasi umum,” kata dia.

Jika nanti paslon nomor urut 3 menang, Andi menyatakan sudah ada sejumlah program yang disiapkan diantaranya bansos lewat KTP Sakti.

“Bansos Pasti. Pasti lanjut, pasti tambah, pasti tepat sasaran; KTP Sakti; Perluasan PKH dari 10 juta menjadi 15 juta keluarga; Dana Abadi Kesejahteraan Sosial; Sikat KKN program kesejahteraan sosial; 17 juta lapangan kerja yang kayak, termasuk untuk kelompok rentan; dan 10 Juta Hunian sehingga punya rumah semudah punya motor,” imbuhnya.

Sementara Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Budiman Sudjatmiko, menyebut Prabowo melakukan sejumlah persiapan menjelang debat kelima ini.

Budiman mengatakan Prabowo menerima masukan dari Dewan Pakar TKN. "Mengenai jadwal kampanye ya tentu saja Pak Prabowo banyak aktivitas sehingga kita harus usahakan. Jadi kita biasa kasih masukannya malam ya. Kasih masukan malam," kata Budiman kepada wartawan, Senin (29/1/2024).

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan melakukan persiapan menjelang debat kelima atau debat Pilpres 2024 yang terakhir. Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) membeberkan Anies berdiskusi dengan tim pakar terkait isu debat.

"Debat kelima seperti biasa Pak Anies akan persiapkan dengan fisik yang bugar, dan diskusi dengan tim pakar," kata jubir Timnas AMIN Iwan Tarigan kepada wartawan, Selasa (30/1/2024).

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 16 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan