Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah

hasanah syakim Kamis, 11 November 2021 - 20:05 WIB
Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah
Ilustrasi gaya atau model hijab kekinian. Foto: Langit7.id/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Hijab, jilbab, atau kerudung merupakan salah satu bagian fesyen muslimah yang terus berinovasi seiring kian bergeliatnya industri aksesoris penutup kepala tersebut. Alhasil, pilihan dan model hijab sangat bervariasi.

Namun, Sahabat Muhlimah Langit7 jangan sampai salah dalam memilih model hijab. Sangatlah penting untuk mengetahui bentuk wajah sebelum memutuskan untuk membli hijab. Berikut 5 tips model hijab sesuai bentuk wajah:

1. Wajah Bulat
Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Bagi Sahabat Muslimah Langit7 yang memiliki wajah bulat biasanya gaya hijab yang cocok, yakni gaya longgar karena ini akan membingkai wajah menjadi tampak sempurna. Selain itu, juga menambah lipatan longgar tepat di tulang pipi. Selain itu, tutupilah area pipi tetapi tidak disarankan terlalu mundur atau maju karena akan membuat orang fokus pada bagian pipi. Simplenya segaris dengan ujung mata.

Biarkan bagian atas terlepas dan tidak terlipat karena akan membuat wajah tampak kaku dan penuh. Jika Sahabat Muslimah Langit7 hendak memakai ciput, diusahakan pakailah yang tidak terlalu maju dan menutupi kening, karena hal tersebut akan membuat wajah terlihat sesak dan penuh.

2. Wajah Oval
Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah


Bagi siapa pun yang memiliki bentuk wajah ini, ketahuilah bahwa bentuk wajah Oval adalah bentuk wajah yang paling fleksibel. Nah, bagi pemilik wajah ini bersyukurlah karena tipe wajah ini adalah idaman dari sebagian besar orang karena dianggap yang paling ideal. Jika Sahabat Langit7 adalah salah satunya maka cukup padu padankan pakaian dengan hijab berwarna senada, dan itu akan terlihat memukau.

Jika Sahabat Langit7 memiliki dahi lebar, biarkan ciput dalam keadaan sedikit maju, begitu pun dengan kedua sisi hijab kamu bisa melipatnya atau pun tidak. Kamu bisa melipatnya di atas tulang pipi atau bawah tulang pipi.

3. Wajah Lonjong
Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah


Pemilik wajah lonjong berbeda dengan oval, lantaran terkesan panjang dibandingkan dengan kebangakan orang. Jika ingin terlihat menarik Sahabat Muslimah Langit7 bisa memakai hijab bergaya Arab, atau Turki. Hal tersebut sangat direkomendasikan karena keduanya dianggap cocok.

Ciput menjadi aksesoris yang wajib digunakan dan diperlihatkan pada bagian dahi. Bisa pula ciput dipasang menutupi bagian dahi. Penampilanmu akan terlihat lebih menarik jika Sahabat Langit7 menggunakan metode tersebut karena wajahmu bisa menjadi lebih berkurang kesan lonjongnya. Selain itu, bagi pemilik wajah ini sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu tinggi hal tersebut akan membuat kesan wajah semakin lonjong.

4. Wajah Tirus
Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah


Untuk bentuk wajah tirus, hijab model tumpuk atau layering bisa Sahabat Langit7 gunakan dengab tujuan agar wajah terkesan semakin berisi. Akan lebih baik jika bahan hijab yang dipilih adalah satin atau silk. Dan untuk berwajah tirus ini bisa gunakan hijab turban, karena perpaduan area tulang pipi, dagu, dan telinga bisa menampilkan tulang pipi tanpa terlihat tirus.

5. Wajah Segitiga
Jangan Asal, Ini 5 Tips Kenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah


Walau terbilang langka beberapa perempuan dengan wajah segitiga bisa tetap tampil cantik dengan hijab. Bagi Sahabat Langit7 yang memiliki bentuk wajah tipe ini, jilbab yang dipilih yakni berbahan sedikit kaku seperti segi empat organza. Tak hanya itu, bentuk dengan wajah ini sebaiknya pergunakanlah hijab bentuk model ninja, pilihan lainnya Sahabat Langit7 bisa memakai hijab dengan model garis ditarik sejauh mungkin ke belakang hingga tengkuk.

Gunakanlah ciput ukuran kecil hanya sampai atas telinga hingga wajah terlihat oval. Sahabat Langit7 bisa membentuk bahian bandana dari pelipis dekat alis menjadi kurva sempurna, hal itu bertujuan untuk menghindari kesan dahi yang lebar.

(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan