Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home lifestyle muslim detail berita

Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar

muhammad rifai akif Selasa, 07 Desember 2021 - 11:55 WIB
Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar
Seorang wanita yang bercermin sambil menyentuh wajah. Foto: LANGIT7/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Menjadi awet muda adalah impian bagi semua orang. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan budget yang besar untuk mempertahankan agar tidak menjadi tua.

Menjadi tua memang sebuah keniscayaan, tetapi memperlambat dan tetap bisa beraktivitas walaupun di usia yang sudah tidak muda lagi, itulah yang jadi harapan semua orang.

Dokter Zaidul Akbar seorang pendakwah, konsultan dan praktisi pengobatan sunah di Indonesia memberikan resep jitu untuk menjadi awet muda. Seperti yang telah dirangkum oleh Langit7 dari beberapa kajian beliau.

1. Obat kimia jangan berlebihan

Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar

Obat-obatan kimia. Foto: iStock

Obat kimia adalah obat yang dibuat oleh manusia, sedangkan sayuran dan tumbuh-tumbuhan adalah yang diciptakan oleh Allah SWT.

"Obat-obatan kimia betul secara komposisi bisa menyembuhkan penyakit, karena kadar atau zat yang menjadi penyembuhnya sudah dinaikkan di kadar tertentu."

Baca juga: Zaidul Akbar: Ingin Hati Lebih Lembut, Kurangi Makan Daging

"Kadarnya sebetulnya sama dimiliki oleh bahan-bahan alami, namun sangat rendah. Sehingga efeknya tidak langsung seperti obat berbahan kimia yang sudah disesuaikan kadarnya."

Namun obat ini mengandung efek samping terhadap organ tubuh, khususnya ginjal yang berfungsi menyaring dan mengeluarkan sisa-sisa produk dalam tubuh.

Untuk itu, saran Zaidul jika ingin tetap awet muda adalah, "Hendaknya jangan berlebihan dalam penggunaan obat berbahan kimia." katanya.

2. Konsumsi kunyit

Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar
Air kunyit. Foto: iStock

Dalam kunyit ada zat anti penuaan di dalamnya yaitu kurkumin. Senyawa aktif utama dalam kunyit ini telah terbukti memiliki sifat anti penuaan yang kuat dan dikaitkan dengan potensi antioksidannya.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mampu mengaktifkan protein tertentu, termasuk sirtuins dan AMPK yang bertugas untuk menunda penuaan sel serta meningkatkan umur panjang.

"Dalam penelitian di dunia ada tempat dengan istilah blue zone yaitu tempat-tempat terbaik dengan harapan hidup yang lebih tinggi. Okinawa sebuah provinsi di Jepang, merupakan blue zone dengan konsumsi kunyit paling tinggi di dunia." papar Zaidul.

Caranya mudah, pertama kupas kunyit terlebih dahulu. Kemudian potong-potong kunyit menjadi bagian kecil, lalu masukkan saja ke dalam tumbler atau wadah air mineral biasa. Setelah itu tunggu 1-2 jam, warna air akan berubah. Air kunyit siap minum untuk awet muda dan anti aging.

3. Perbanyak sayuran hijau

Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar
Sayuran hijau. Foto: iStock

Sayur-sayuran tersebut menurut Zaidul Akbar memiliki kemampuan untuk membersihkan badan, sehingga jika rutin dibersihkan maka tubuh akan tetap awet muda.

"Sama halnya dengan ruangan yang bersih, akan menjadi awet bangunannya. Dan petugas cleaning service akan semangat membersihkan jika sudah diberi makan." katanya.

"Organ tubuh pun demikian, jika sudah diberi asupan, maka akan semangat dan maksimal untuk membersihkan diri," terang Zaidul.

4. Perbanyak makanan yang tidak banyak diolah

Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar
Ubi bakar. Foto: iStock

Makanan yang tidak banyak diolah seperti ubi rebus, pisang rebus, jagung rebus.dan juga lain-lain. Memakannya sehari-hari jauh akan membuat tubuh lebih sehat dan awet muda.

"Saya punya Ayah usianya saat ini 82 tahun, mungkin seumur hidupnya, ayah saya tidak pernah makan nugget atau makan pizza. Dia ga mau makan makanan yang sudah terlalu banyak diolah. Dan ayah saya masih beraktivitas seperti biasa." Kata Zaidul.

"Ayah saya memiliki dua adik di bawahnya, adik yang paling jauh nya, terlihat lebih tua dari ayah saya." Tambahnya.

5. Enjoy jalani hidup

Perbanyak Bersyukur, Ini Tips Awet Muda ala Dokter Zaidul Akbar
Menikmati hidup dan selalu bersyukur. Foto: iStock

Kesehatan dan masalah awet muda tidak bisa dilepaskan dari masalah hati atau pengendalian emosi
"Kesehatan bermula dari kesehatan emosi, hati dan perasaan. Dalam sebuah buku yang pernah saya baca dikatakan, dua menit saja dia marah, itu bisa menurunkan imunitasnya beberapa jam ke depan." kata Zaidul.

Marah adalah bagian dari penyakit hati, sehingga orang yang sering marah bisa menjadi cepat tua dan berpenyakit.

Yang termasuk dalam hidup harus dibawa enjoy adalah jangan baperan (dibawa perasaan), dan ini juga termasuk berbahaya jika larut.

"Baperan itu adalah baru diomongin sedikit langsung terbawa perasaan, dan ciri-cirinya adalah sering left grup," Kata Zaidul, "Kalau tidak mau ada yang omongin mending tinggal di hutan aja kalau begitu." imbuhnya.

Islam sudah mengatur terkait masalah ghibah dan fitnah. Ghibah adalah menyebarkan info keburukan orang lain kendati info yang disebarkannya adalah benar. Sedangkan fitnah menyebarkan keburukan orang lain tanpa mengetahui kebenaran pastinya. Dua-duanya merupakan bagian dari dosa besar.

Imam Hasan Al-Bashri membalas dengan kebaikan ketika ada orang yang memfitnah dirinya, dia akan memberikan hadiah satu tangkai kurma yang terbaik untuk orang yang memfitnahnya.

"Bagi korban ghibah atau fitnah, nggak usah ambil pusing, nanti di akhirat kita minta aja pahala shalatnya, pahala hajinya, umrahnya, sedekahnya, puasanya, tenang saja." kata Zaidul yang menyarankan untuk enjoy.

Dalam Alquran juga sudah dijelaskan. Allah SWT berfirman:

وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا.

Latin: Wa 'ibādur-raḥmānillażīna yamsyụna 'alal-arḍi haunaw wa iżā khātobahumul-jāhilụna qālụ salāmā.

Artinya: Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. (QS. Al-furqan : 63).

Baca juga: Cerita dr Zaidul Akbar, Baca 7 Surah Al-Quran untuk Sembuhkan Covid

Ayat ini merupakan perintah untuk membalas orang yang membully atau mengatakan sesuatu yang buruk dengan kata-kata yang baik.

"Orang ngomongin yang buruk-buruk, kita jangan ikutan"

Nabi memberikan petunjuknya lewat hadits, yang artinya "Jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah berbicara yang baik-baik, jika tidak bisa maka diam."

Hidup dibawa enjoy juga dekat pengertiannya dengan selalu bersyukur dan tidak banyak mengeluh.

Itulah 5 cara yang diberikan oleh dokter Zaidul Akbar agar bisa menjaga tubuh tetap awet muda. Semoga bermanfaat ya!

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan