Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

Muslimah Berhijab Pertama Jadi Pemenang Kontes Kecantikan Miss Nigeria

Fifiyanti Abdurahman Kamis, 23 Desember 2021 - 19:00 WIB
Muslimah Berhijab Pertama Jadi Pemenang Kontes Kecantikan Miss Nigeria
Miss Nigeria Sathu Garko menjadi muslimah berhijab pertama yang memenangkan kontes kecantikan tersebut. Foto: @sathu.garko/Instagram
LANGIT7.ID - - Shatu Garko (18), menjadi muslimah berhijab pertama yang memenangkan Miss Nigeria, sejak kontes kecantikan tersebut digelar di tahun 1957. Bagi Garko yang berasal dari negara bagian Kano ini, keputusan untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut tidaklah mudah. Sebab ia mendapat tentangan dari sang ayah.

“Ibuku selalu menjadi pendukung terbesarku sehingga meyakinkannya untuk melakukan ini tidaklah sulit. Namun, tidak untuk ayah saya," katanya seperti dilansir dari The Punch, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Protes Miss Universe 2021 Digelar di Israel, Perwakilan Yunani Mundur Demi Dukung Palestina

“Dia khawatir saya dipaksa melepas jilbab saya, atau memakai baju renang, atau diperlakukan berbeda karena jilbab. Ibuku dan aku harus melakukan seluruh presentasi untuk meyakinkannya. Tapi setelah itu, saya mendapat dukungan penuh darinya.”

Untuk meyakinkan ayahnya, Garko tidak mendengarkan kritik yang menghalanginya untuk berpartisipasi.

“Ada yang bilang, 'pergi saja ke sekolah' dan ada yang bilang saya akan merusak merek Miss Nigeria. Yang lain bahkan menghasut agar saya membawa Boko Haram dan gembala Fulani. Saya mengabaikan mereka begitu saja,” katanya.

Saat ditanya tentang motivasinya, Garko berkata ingin mengambil kesempatan untuk dirinya sendiri. Bahkan saat ia memutuskan mendaftar di kontes tersebut, dirinya tidak berpikir sedekitpun akan memenangkan kompetisi kecantikan ini.

“Tapi suara kecil terus terngiang di kepalaku, 'bagaimana jika kamu terpilih'? Saya menyadari bahwa hanya dengan terpilih, saya dapat menginspirasi begitu banyak gadis muda bahkan jika saya tidak menang.”

Baca juga: NFT Hijab Pertama di Dunia Milik Syahrini Habis Terjual

Garko dinobatkan sebagai Miss Nigeria ke-44 setelah mengalahkan 17 finalis lainnya pada Jumat (17/12/2021) di Lagos. Ia juga menjadi kontestasn termuda tahun ini. Dalam kontes tersebut Garko mendapat hadiah uang, apartemen mewah untuk satu tahun, mobil baru, dan peluang menjadi duta merek.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan