alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home lifestyle muslim detail berita
Efektifkah Vaksinasi pada Anak? Ini Kata Dokter Spesialis
Fifiyanti Abdurahman Kamis, 13 Januari 2022 - 10:00 WIB
Efektifkah Vaksinasi pada Anak? Ini Kata Dokter Spesialis
Tenaga medis menyuntikkan vaksin COVID-19 pada seorang anak. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk usia 6-11 tahun resmi dimulai pada 14 Desember 2021 lalu. Namun, pada implementasinya hal tersebut belum sepenuhnya dijalankan. Ada semacam antipati dari orang tua terkait efektivitas dan efek samping dari vaksin itu sendiri.

Dokter spesialis anak, dr. Reza Fahlevi SpA mengatakan vaksin memiliki ragam jenis dimana masing-masing memiliki efek samping tersendiri namun semua tetap efektif jika digunakan.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Ini Harapan Presiden Jokowi

"Semua tergantung jenis vaksin. Apalagi vaksin pada anak-anak belum sebanyak itu dibandingkan dengan orang dewasa. Tapi tetap sebenarnya, kalau untuk kondisi emergency karenakan sekarang kondisi covid-19 untuk izin vaksin yang dikeluarkan oleh emergencyal transition itu lebih dari 50% efektivitasnya," kata dr Reza di webinar Vaksin Anak 6-11 Tahun, Rabu (12/1/2022).

"Namun, sejauh ini kalau efek samping pasti ada. Karena yang namanya barang medis itu pasti ada efek samping. Tapi kebanyakan efek sampingnya adalah efek samping lokal saja," kata dr. Reza.

Menurut dia, memberikan vaksin jauh lebih aman daripada tidak sama sekali karena potensi terpapar Covid-19 akan lebih besar.

"Prinsipnya adalah jika kita berikan vaksin itu jauh lebih aman dibandingkan kalau kita kena infeksi secara langsung. Karena kalau kena infeksi secara langsung kita kan enggak tahu ya bagaimana respon tubuh kita. Apakah virus stop di kita atau nanti kita tularkan kepada anak-anak yang berisiko. Apalagi kelompok anak-anak yang memiliki penyakit sebelumnya," jelas dr. Reza.

Kemudian terkait jenis vaksin, dr Reza mengatakan untuk anak usia enam sampai 11 tahun menggunakan vaksin Sinovac atau Coronavac.

Baca juga: Izin Vaksin Anak Sudah Keluar, Ini 4 Tips Persiapan Orang Tua

"Jadi dalam sinovac ada coronovac yang mendapatkan izin jadi untuk sekarang itu yang diberikan. Kenapa demikian, ini lagi-lagi bergantung pada penyedia pastinya. Pemerintah akan melihat hasil penelitian yang dilakukan di dalam maupun di luar negeri untuk bagaimana prioritas keamanan vaksin," ucapnya.

Karena itu, dr Reza mengajak orang tua yang memiliki anak di rentang usia 6-11 tahun sebaiknya segerakan untuk melakukan vaksinasi. Apalagi dengan kondisi saat ini dimana gelombang Omicron kasusnya semakin naik.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.