Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 17 Mei 2024
home global news detail berita

Indonesia Kutuk Keras Penghinaan terhadap Nabi Muhammad oleh Politikus India

redaksi Selasa, 07 Juni 2022 - 16:10 WIB
Indonesia Kutuk Keras Penghinaan terhadap Nabi Muhammad oleh Politikus India
Ilustrasi: kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (foto: setkab.go.id)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengutuk keras aksi politikus Bharatiya Janata Party (BJP) Nupur Sharma yang telah menghina Nabi Muhammad SAW. Pernyataan itu disampaikan melalui akun twitter resmi Kementerian Luar Negeri.

“Indonesia mengutuk keras pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad SAW oleh dua orang politisi India. Pesan ini telah disampaikan kepada Duta Besar India di Jakarta,” cuit akun @kemlu_ri, Senin (6/6/2022).

Kemlu juga telah memanggil Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti untuk meminta keterangan terkait pernyataan kontroversial tersebut.

Baca Juga: Rasis dan Islamofobia, DPR Minta Menlu Panggil Dubes India

Selain Kemlu RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan penghinaan yang dilakukan oleh politisi India dari partai berpaham ultranasionalis itu.

“MUI menyesalkan pernyataan Juru Bicara BJP yang menghina Nabi Muhammad SAW dalam debat di televisi India,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangan yang diterima Langit7.id di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

MUI menilai pernyataan Sharma itu tidak bertanggungjawab, tidak sensitif, tidak terpuji dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Pernyataan politikus India itu, kata Sudarnoto, juga melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia yang sangat menghormati kedudukan Nabi Muhammad.

Baca Juga: PKS Sebut Tindakan 2 Politikus India Merupakan Bentuk Islamofobia

“MUI berpandangan bahwa tindakan tersebut berlawanan dengan semangat untuk menciptakan harmoni antaragama, dan berlawanan dengan Resolusi PBB tentang Memerangi Islamofobia (Maret 2022),” katanya.

MUI meminta BJP selaku penguasa termasuk pemerintah India untuk menghormati dan melaksanakan Resolusi PBB tentang ‘Memerangi Islamofobia’, tidak menjadi bagian dari islamofobia serta tidak melindungi pelaku islamofobia.

Baca Juga: Nupur Sharma, Politisi India yang Hina Nabi Muhammad SAW

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 17 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan