Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home wisata halal detail berita

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September Mendatang

hasanah syakim Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:15 WIB
Dieng Culture Festival 2022 Digelar September Mendatang
Dataran tinggi Dieng/ Langit7/iStock
LANGIT7, Dieng - Dieng Culture Festival 2022 akan digelar kembali secara offline di Dataran Tinggi Dieng bulan September 2022 mendatang.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Alif Faozi menyampaikan acara ini akan menjadi pengobat rindu festival budaya yang dalam dua tahun terakhir digelar secara daring.

"Dieng Culture Festival ke-13 ini awalnya sempat ingin digelar pada Agustus sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi kemungkinan akan digelar pada minggu kedua di bulan September 2022," kata Alif dikutip Jum'at (1/7/2022).

Baca juga: Wisatawan Diimbau Persiapkan Diri Sebelum Berlibur ke Dieng

Menurut Alif, hal tersebut dikarenakan dalam hitungan kalender Agustus termasuk hitungan Bulan Suro yang mana dalam filosofi Jawa, Bulan Suro dipercaya sebaga bulan spiritual untuk meningkatkan kualitas rohani dan kekuatan batin seseorang.

"Menurut para sesepuh kalau kita membuat acara yang ramai itu tidak disarankan, karena filosofi budaya Jawa, Bulan Suro adalah bulan spiritual untuk meningkatkan kualitas rohani dan kekuatan batin," katanya.

Dalam gelaran tahun ini, Alif menuturkan bahwa ditargetkan sebanyak tujuh anak akan berpartisipasi dalam ruwatan anak berambut gimbal sebagai acara utama dalam setiap gelaran Dieng Culture Festival.

Baca juga: Bukan Dongeng, Ada Negeri di Atas Awan di Daerah Ini

"Dalam filosofi Jawa, tujuh atau 'pitu mengandung makna 'pitutur' atau nasihat. Tapi jika pada pelaksanaan ada anak yang benar-benar perlu dibantu untuk dicukur, selama anggaran mencukupi kami akan memfasilitasi," terangnya.

Kendati demikian, jika situasinya tidak memungkinkan untuk digelar secara luring karena pandemi pihaknya kemungkinan akan mengurangi jumlah peserta ruwatan dari tujuh menjadi lima.

Hingga kini, pihak penyelenggara tengah berupaya untuk menghdirkan kembali pagelaran musik Jazz di atas awan, pameran produk unggulan, pagelaran seni tradisi, dan kegiatan pendukung lainnya yang biasa ditemukan pada Dieng Culture Festival tahun sebelumnya.

Baca juga: Fenomena Embun Upas, Suhu Dieng Tembus Minus 1 Derajat Celsius

"Pihak penyelenggara dan pemerintah saat ini juga tengah mengajukan perizinan pada Satgas Covid-19 terutama pihak kepolisian mengingat situasi saat ini masih dalam suasana pendemi," tegasnya.

Dia berharap, situasi pandemi terutama di sekitar lokasi acara akan menjadi baik sehingga festival ini dapat digelar secara offline seperti sebelum pandemi. Kemudian, pihaknya juga kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis penguat.

"Kalau semuanya sudah oke Dieng Culture Festival 2022 akan segera kami launching, semoga pada saatnya nanti sudah tidak ada lagi pandemi tetapi sudah beraih ke endemi," harapnya.

Baca juga: Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinik Fase 3

Alif menambahkan, pihak penyelenggara juga akan menyediakan tempat vaksinasi Covid-19 sebab pengunjung yang datang nantinya akan diminta memindai aplikasi PeduliLindungi untuk keamanan bersama.

"Pengunjung akan dicek melalui aplikasi PeduliLindungi, apkah sudah sesuai dengan harapan kami, sehingga mereka yang boleh datang telah mendapatkan vaksin booster," ujarnya.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan