Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home wisata halal detail berita

Warga Natuna Gelar Tradisi Mandi Safar di Pantai Desa Air Putih

mahmuda attar hussein Jum'at, 23 September 2022 - 10:00 WIB
Warga Natuna Gelar Tradisi Mandi Safar di Pantai Desa Air Putih
Warga Natuna Gelar Tradisi Mandi Safar di Pantai Desa Air Putih. (Foto: Antaranews).
LANGIT7.ID, Jakarta - Warga Natuna menggelar tradisi mandi Safar di Pantai Harapan Desa Air Putih. Ritual ini menjadi budaya masyarakat setempat menandakan berakhirnya Bulan Safar.

Pelaksana kegiatan sekaligus Sekretaris Desa Air Putih, Erwan mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi tradisi turun temurun.

"Bukan cuma ritual semata, kegiatan ini juga atraksi wisata di objek wisata Pantai Harapan," kata dia dilansir Antaranews, Jumat (23/9/2022).

Alasan disebut mandi Safar karena dilakukan setiap akhir pekan bulan Safar. Kebiasaan masyarakat ini dilakukan untuk melestarikan budaya dan menjadikan mandi Safar sebagai pertunjukan wisata daerah.

Baca Juga: Hukum Shalat Sunnah Hajat Tolak Bala Rebo Wekasan di Bulan Safar

Acara tersebut dilaksanakan sepanjang pantai di daerah Desa Air Putih. Sebelum kegiatan mandi Safar dimulai, kata Erwan, setiap orang mempersiapkan makanan khas daerah masing-masing sebagai sajian untuk makan bersama.

"Bisa seperti ketupat, gulai ikan, gulai ayam, dan ada juga yang membawa makanan serondeng, termasuk berbagai jenis kue kue. Nanti mereka saling tukar menukar makanan dan menikmatinya bersama," ujarnya.

Selanjutnya, makanan yang telah dipersiapkan akan disantap secara bersama sama pada petang hari atau setelah salat Ashar di pesisir pantai tempat pelaksanaan mandi Safar dilaksanakan.

"Sebelum acara makan bersama dan mandi Safar, terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama yaitu doa selamat dan tolak bala," kata Erwan.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan