alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Jasa Penting Shinzo Abe untuk Indonesia

Garry Talentedo Kesawa Rabu, 28 September 2022 - 14:21 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Jasa Penting Shinzo Abe untuk Indonesia
Eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Foto: Twitter/AbeShinzo.
LANGIT7.ID, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan jasa mendiang eks Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dalam mempererat hubungan Indonesia dengan Jepang. Salah satu jasa Abe adalah menjadikan Indonesia mitra strategis Jepang.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres sebelum menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9). Wapres menilai Abe berperan penting dalam terciptanya hubungan baik Indonesia dengan Jepang.

Baca Juga: Jasa Shinzo Abe untuk Umat Islam, Dorong Sertifikasi Halal di Jepang

"Mantan PM Abe ini orang yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang. Sehingga hubungan itu menjadi mitra strategis dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan Jepang," ujar Wapres dalam keterangannya, dikutip Rabu (28/9/2022).

Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Jepang merupakan mitra penting Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi. Atas hal tersebut, Wapres ingin meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi dalam berbagai bentuk kerja sama yang lebih konkret.

"Terutama hal-hal yang memang sudah ada kesepakatan ketika Presiden Jokowi hadir di Tokyo Juli lalu. Misalnya penguatan kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang, khususnya terkait penandatanganan Protokol Perubahan IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement) pada KTT G20 di Bali," kata Ma'ruf Amin.

"Kemudian juga masalah investasi, perluasan investasi, realisasi perluasan investasi dan investasi baru senilai 5,2 miliar USD, kita harapkan segera diselesaikan," tambahnya.

Baca Juga: Riwayat Perjalanan Politik Shinzo Abe Selama Menjabat PM Jepang

Kehadiran Wapres di Tokyo juga diharapkan dapat terciptanya berbagai kesepakatan proyek-proyek strategis. Khususnya proyek infrastruktur dapat juga segera direalisasikan.

"Termasuk juga penyelesaian hambatan komoditi ekspor pertanian dan perikanan Indonesia. Ada beberapa hal yang sudah disepakati dan kemarin juga direspon (oleh PM Fumio Kishida)," ungkap Ma'ruf.

Tak hanya itu, Wapres juga akan terus mendorong kerjasama potensial dalam bidang ekonomi syariah dan industri halal. Utamanya di sektor-sektor unggulan seperti makanan, kosmetika, fesyen, dan pariwisata halal.

Khusus untuk pariwisata halal, Indonesia siap untuk bermitra bahkan menjadi mitra utama Jepang. Menurutnya, Indonesia akan membantu dalam penyusunan standar destinasi wisata ramah muslim di Jepang beserta sertifikasi halalnya. "Itu beberapa hal dan (masih) banyak hal lain termasuk (masalah) energi yang akan ditindaklanjuti," tuturnya.

Baca Juga:

Hubungan Manis Shinzo Abe dan Muslim Jepang, Bangun Banyak Ruang Salat

Penembakan Shinzo Abe jadi Pembunuhan Pertama Eks PM Jepang


(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan