alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home edukasi & pesantren detail berita

3 Cara Pikir Positif Para Moms Jalani Peran dengan Nyaman

Fifiyanti Abdurahman Jum'at, 28 Oktober 2022 - 14:13 WIB
3 Cara Pikir Positif Para Moms Jalani Peran dengan Nyaman
Ilustrasi. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Menyandang status sebagai ibu merupakan tugas yang mulia sekaligus berat. Sebab ada kehidupan yang harus mereka jaga dan didik dengan baik. Menyadari hal itu, membuat pikiran para ibu akan terus menerus dibebani dengan bagaimana menjadi ibu yang baik, sehingga berdampak ketidaknyamanan dalam menjalankan peran.

Psikolog & Co-Founder Tiga Generasi, Saskhya Aulia memberikan tiga cara berpikir yang harus dimiliki oleh para ibu untuk kehidupan sehari-hari, agar bisa menjalankan peran dengan nyaman.

Baca juga: Anak Nyanyi Lagu Dewasa, Psikolog: Berdampak ke Cara Pikir

Hal pertama yang harus dilakukan adalah hindari menampilkan imej sempurna ke anak dan keluarga. Menurut Saskhya, seorang ibu hanya manusia biasa yang tidak bisa memikul semua beban. Selain itu, Anda juga tidak punya kewajiban untuk menjadi ibu yang sempurna.

"Kalau kita sempurna itu tidak seru, karena tidak ada yang dipelajari dan kita tidak bertumbuh. Jadi kalau kita sudah menanamkan mindset tidak sempurna, kalau kita salah ya tidak apa-apa karena kita juga manusia tetapi tetap harus dipelajari sebab dan akibatnya," ujar Saskhya dalam bincang parenting, Jumat (28/10/2022).

Dia menambahkan, saat ibu berbuat kesalahan, maka si kecil juga akan belajar bahwa manusia pasti pernah salah.

Kemudian, tips selanjutnya adalah seorang ibu boleh meminta bantuan. Terkadang para ibu sungkan meminta bantuan kepada mertua maupun suami, karena takut dianggap tidak bisa mengurus anak atau rumah. Padahal, menurut Saskhya, itu adalah pikiran yang salah.

"Kita boleh minta bantuan, tetapi ngomongnya juga harus tepat. Misalnya ke orang tua harus memakai teknik generasi sandwich. Salah satu teknik komunikasinya yang bisa kita pakai yakni buka dengan yang baik, taruh message di tengah dan tutup lagi dengan sesuatu yang baik," katanya.

Baca juga: Memaknai Doa Seorang Ibu yang Dapat Menembus Bumi dan Langit

Sementara, untuk suami ajak berkomunikasi setiap harinya. Bicarakan semua hal, mulai dari yang penting hingga tidak penting.

Ketiga, para ibu bisa menemukan kebahagiaan kecil sehari-hari, tanpa harus ribet. Misal, sebelum tidur ibu bisa memikirkan tiga hal yang membuat tersenyum di hari ini.

"Misal karena anak senyum atau habis makan enak dan lainnya. Tujuannya untuk melatih kita punya mindset bersyukur, supaya besok kalau bangun para ibu bisa melakukan perannya kembali dengan baik lagi," tutupnya.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan