alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home masjid detail berita

Ustadz Agus Mubarok Ajak Warga Kembalikan Kejayaan Masjid

Fifiyanti Abdurahman Kamis, 24 November 2022 - 11:54 WIB
Ustadz Agus Mubarok Ajak Warga Kembalikan Kejayaan Masjid
Masjid Soko Wali Hasan Munadi (foto: arif purniawan)
LANGIT7.ID, Jakarta - DKM Masjid Daarut Tauhid Bandung, Ustadz Agus Mubarok mengajak umat muslim untuk mengembalikan kejayaan masjid. Hal ini ia sampaikan dalam kajian bertajuk Back To Masjid (Mengembalikan Kejayaan Ummat).

Menurut Ustadz Agus Mubarok, saat ini masjid seringkali diartikan sebagai tempat ibadah salat saja tidak lebih. Padahal, katanya Rasulullah SAW ketika melaksanakan pembangunan masjid di Madinah, bukan hanya dipakai untuk salat lima waktu tetapi juga bagaimana mentarbiyah para sahabat nya.

"Itu dilakukan di masjid, begitu pula ketika Rasulullah menerima tamu dan menerima konsultasi itu di masjid dan ketika akan melaksanakan perang Rasulullah mengatur strategi perang di masjid," ujar Ustaz Agus pada kajian virtual yang diikuti Langit7, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: Program Kaderisasi DKM ala Masjid Daarul Muqarrabien

Dia lantas memberikan tiga cara untuk mengembalikan kejayaan masjid, diantaranya;

Mengembalikan fungsi masjid

Ustaz Agus berkata, umat muslim harus membangun peradaban masjid dan kejayaan masjid dengan mengembalikan fungsi masjid, yakni sebagai pusat pendidikan dan tarbiyah umat.

Masjid jangan hanya dipakai untuk salat lima waktu saja, tetapi yang pertama adalah bagaimana masjid sebagai pusat pendidikan. Sebab ketika pendidikan diawali dan dibangun di masjid maka outputnya akan melahirkan jiwa yang berbasis masjid.

"Misal ketika seseorang di luar sana menjadi politikus, maka nilai pribadinya adalah pribadi masjid. Ketika jadi pengusaha maka hati nuraninya adalah hati nurani yang diciptakan pada masjid. Seorang pengusaha yang sukses ketika hati nuraninya dibangun dari masjid maka dari hasil usahanya ia akan bagikan untuk kebangkitan umat dan untuk kemakmuran masjid," katanya.

Baca juga: Berdoa dan Minta Petunjuk Allah, Aa Gym: Semua Masalah Jadi Mudah

Beda halnya dengan seorang pengusaha yang jauh dari nilai-nilai masjid, kemungkinan keuntungannya ia pakai untuk foya-foya dan untuk sebatas kesenangan dunia.

Tempat berkonsultasi dan bermusyawarah umat

Menurut Agus, bermusyawarah boleh dilakukan di masjid, bahkan untuk pembahasan yang tidak berbau keagamaan.

Misal rapat terkait dengan persiapan 17 Agustus, yang biasanya dilakukan di kantor RW. Namun jika di kantor RW tidak bisa ataupun mereka belum memilikinya, maka boleh dilakukan di masjid.

"Mudah-mudahan ketika rapatnya di masjid maka ada suatu ilham atau suatu gerakan bahwasanya yang tadinya mungkin diisi dengan acara-acara sia-sia, karena dilakukan di masjid rapatnya bisa ada perencanaan-perencanaan yang bisa mengingatkan kepada Allah," ucap Ustaz Agus.

Baca juga: Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota

"Misal awalnya pengen bikin acara yang ingin mengundang artis dengan aurat terbuka tetapi ketika rapat di masjid itu jadi ditiadakan, dan diganti dengan tabligh akbar, khitanan massal, sumbangan dan lainnya," lanjut dia.

Rasulullah SAW menerima konsultasi dari sahabatnya, yang dilakukan di masjid. Baik itu konsultasi terkait dengan keluarga, pola asuh anak, dan lainnya.

Melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan

Artinya selalu melakukan gotong royong dan berempati ketika salah satu dari mereka ada yang terkena musibah. Dia berpendapat untuk kegiatan ini hampir setiap masjid melakukannya, dan ia sangat menyukuri itu.

"Kemudian masjid juga bisa dijadikan sebagai pelayanan pengobatan. Ini salah satu bagian dari memberikan kegiatan sosial," imbuhnya.

Ustadz Agus lantas berkata ketika masjid dikembalikan pada fungsinya seperti yang Rasulullah bangun bahwasanya masjid sebagai pusat kegiatan umat, sebagai pusat peradaban umat maka dari masjid akan terbangun generasi-generasi yang baik.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan