Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home global news detail berita

DPR Pertanyakan Alasan Kemenkumham Tunjuk Silmy Karim Jadi Dirjen Imigrasi

Garry Talentedo Kesawa Kamis, 29 Desember 2022 - 06:30 WIB
DPR Pertanyakan Alasan Kemenkumham Tunjuk Silmy Karim Jadi Dirjen Imigrasi
Direktur Utama (Dirut) PT Karakatau Steel, Silmy Karim ditunjuk sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham. (Foto: Instagram/@krakatau.steel)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI, Wihadi Wiyanto mengaku heran dengan penunjukkan Direktur Utama (Dirut) PT Karakatau Steel, Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham. Pasalnya, penunjukan ini menjadi pertanyaan semua pihak.

Menurut Wihadi, Imigrasi merupakan suatu bentuk dari permasalahan pengawasan dalam bidang penegakan hukum juga.

"Apakah dengan adanya Dirut BUMN yang sebagai Dirjen Imigrasi apakah Imigrasi sudah menjadi provit oriented poin Pemerintah? Karena dengan cara seperti itu akhirnya membuat bahwa orientasinya adalah orientasi pelayanan yang menguntungkan," kata Wihadi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Gus Muhaimin Dorong Pemerintah Benahi Manajemen Stok Pangan Nasional

Politikus Partai Gerindra itu menilai pemilihan Dirjen Imigrasi harus memahami penegakan hukum terkait masalah peraturan lalu lintas orang yang keluar masuk ke Indonesia. Bukan hanya mengandalkan pelayanan untuk mencari keuntungan semata.

"Saya kira Menkumham harus menjelaskan dasar daripada pemilihan seorang Dirut BUMN menjadi Dirjen Imigrasi. Karena basic Dirjen yang ditunjuk saat ini tidak mempunyai dasar-dasar imigrasi," ujar Wihadi.

Dalam hal ini, Wihadi menyayangkan langkah Kemenkumham yang seperti tidak mempercayakan para lulusan akademik imigrasi. "Bagaimana pemimpinnya atau Dirjennya bisa melakukan pengawasan dengan benar kalau yang tidak memiliki dasar-dasar imigrasi," ucap Legislator dari Dapil Jatim IX tersebut.

Baca Juga: Beda Prediksi Cuaca BMKG dan BRIN, Legislator Dorong Informasi Satu Pintu

Wihadi menuturkan bahwa Silmy Karim tidak memiliki prestasi untuk menjadi Dirjen Imigrasi. Penunjukan Silmy Karim pun menggambarkan bahwa Kemenkumham lebih mementingkan pelayanan dengan mencari keuntungan semata tanpa memikirkan masalah penegakan hukum dalam bidang pengawasan masyarakat.

"Nah, kalau memang hanya untuk melakukan pelayanan, ya tidak perlu menunjuk Dirut BUMN. Bisa saja dirut-dirut swasta suruh saja jadi Dirjen Imgirasi," tuturnya.

Sebelumnya, Kemenkumham telah memilih Dirut PT Karakatau Steel, Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham. Rencananya, Silmy Karim akan dilantik pada Januari 2023.

Baca Juga:

Respons Isu Reshuffle, PAN Tetap Ikuti Arahan Jokowi

PDIP Usul Mentan dan Menteri LHK Direshuffle, NasDem: Jangan Asbun


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan