Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

4 Juta Santri Aktif Modal Kuat Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

redaksi Jum'at, 03 Februari 2023 - 21:45 WIB
4 Juta Santri Aktif Modal Kuat Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren
Di Indonesia ada 37.000 ponpes dengan 4 juta santri aktif yang menjadi kekuatan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan pesantren kerap menjadi institusi yang terseret oleh kepentingan yang tidak ada signifikasinya.

Menurut Ali Ramdhani, hal tersebut dikarenakan pesantren tidak memiliki kekuatan mandiri dalam ruang ekonomi.

Padahal, lanjut dia, saat ini ada lebih dari 37.000 pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama dengan empat juta santri aktif. Artinya, ini menjadi kekuatan luar biasa bila dikelola dengan efektif.

Baca juga: Wapres Dorong Pengembangan Ekonomi Pesantren untuk Berdayakan Masyarakat

"Dalam kemandirian ekonomi, akan lebih mudah terwujud jika tercipta suatu sistem yang mendukung pesantren untuk saling menjalin relasi dalam membangun lini usaha" kata Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dikutip Jumat (3/2/2023).

Dia menambahkan, program Kemandirian Pesantren yang berjalan di tahun ketiga ini harus sudah mengarah pada tujuan membentuk ekosistem ekonomi pesantren yang saling terkoneksi atau Community Economy Hub.

"Jika 37.000 pesantren ini menjadi titik-titik yang terhubungkan satu sama lain, maka cita-cita kita semua dalam membangun pesantren mandiri semakin dekat terwujud,” ucap pria yang akrab disapa Kang Dhani ini.

Senada dengan Kang Dhani, Staf Khusus Menteri Agama, Mohammad Nuruzzaman berharap Community Economy Hub Pesantren dapat menjadi sebuah sistem untuk mencapai cita-cita bersama kalangan pesantren, di mana terjalin hubungan yang saling mendukung.

Baca juga: Fishantren, Cara Berdayakan Santri Belajar Bisnis Perikanan

Pesantren yang telah memiliki unit usaha kuat dapat mengajak pesantren lainnya agar turut meningkatkan ekonominya, sehingga terjadi interaksi untuk saling belajar dan memotivasi.

“Oleh karena itu selain mematangkan pelaksanaan program inkubasi bisnis tahun ini, kita juga harus fokus melakukan evaluasi berkelanjutan pada Program Inkubasi Bisnis tahun-tahun sebelumnya. Penekanannya terutama pada pentingnya pendampingan intensif terhadap usaha yang dijalankan pesantren,” ucap Nuruzzaman.

Nuruzzaman juga menekankan pentingnya membentuk Sumber Daya Manusia yang memiliki jiwa enterpreneur dan siap membangun pesantren.

"Pada tahun 2045 Indonesia akan mengalami peningkatan usia produktif atau bonus demografi, maka santri harus turut mengambil peran. Salah satunya adalah dengan memahami segala ilmu menyangkut kewirausahaan sehingga siap dan mampu menghadapi tantangan di kemudian hari,” kata Nuruzzaman.

Baca juga: 105 Ponpes Siap Bentuk Badan Usaha Milik Pesantren

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan