LANGIT7.ID, Jakarta - Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi
stres dalam diri. Faktor kemunculan stres utamanya seringkali bersumber dari tempat kerja.
Stres di tempat kerja bisa jadi menimbulkan masalah serius untuk kesehatan. Bahkan, juga berpengaruh terhadap produktivitas karyawan.
Penting bagi Sahabat Langit7 untuk bisa mengatasi stres yang bersumber dari tempat kerja. Sehingga produktivitas pun tetap terjaga bahkan meningkat.
Baca Juga: Sering Tumpuk Emosi jadi Biang Kerok Munculnya Penyakit KronisMelansir
The Rootastes, Ahad (5/2/2023), berikut 5 cara menghilangkan stres di tempat kerja yang bisa Sahabat lakukan:
1. Ruang Kerja NyamanRuang kerja sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja, termasuk dari segi tampilan fisik dan desain kantor. Sebuah studi tahun 2010 menemukan hubungan antara kondisi kerja yang buruk dan peningkatan kadar kortisol, hormon stres utama.
Solusinya, Sahabat bisa meletakkan foto orang tersayang untuk bisa termotivasi. Di antaranya seperti anak, pasangan, dan lainnya.
2. Makan Sehat di Tempat KerjaBanyak karyawan yang sampai saat ini masih percaya bahwa makanan hanyalah bahan bakar untuk bisa melanjutkan pekerjaan. Padahal, persepsi itu keliru karena sebetulnya makanan berpengaruh terhadap tingkatan stres.
Untuk itu, cobalah untuk memakan makanan sehat selama berada di kantor. Pasalnya, makanan secara langsung memengaruhi kinerja kognitif dan produktivitas.
Studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran menunjukkan kinerja kognitif yang lebih kuat. Hal itu bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan, keterlibatan, kreativitas, dan lebih bahagia.
Baca Juga: Islam Tak Wajibkan Istri Kerjakan Pekerjaan Rumah Tangga3. Budaya Positif PerusahaanMembangun budaya perusahaan yang positif dan menjalin keakraban antar rekan dapat mengurangi tingkat stres karyawan. Interaksi sosial di tempat kerja dapat meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, dan pemikiran inovatif.
Budaya kerja positif itu di antaranya, menghabiskan waktu makan siang bersama dan meningkatkan interaksi antar rekan kerja.
4. RelaksasiSesuatu yang sederhana seperti bernapas dalam-dalam dapat memerangi tingkat stres tinggi. Beberapa teknik relaksasi yang cepat dan efektif untuk menghilangkan stres itu antara lain seperti latihan pernapasan, meditasi,
stretching, dan sebagainya.
5. Program KesehatanMeluncurkan program inisiatif kesehatan di kantor dapat membantu mengurangi tingkat stres dalam jangka panjang. Selain itu, program ini bahkan akan meningkatkan produktivitas, membantu karyawan mempelajari kebiasaan yang lebih baik, dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.
Program kesehatan juga dapat meningkatkan kepuasan kerja, menghasilkan karyawan yang lebih bahagia dan lebih banyak terlibat. Untuk meningkatkan kesehatan karyawan, cobalah mendorong olahraga saat istirahat, mengedukasi staf tentang perawatan diri dan kesehatan mental yang tepat, serta menerapkan katering makan siang kantor yang sehat.
Baca Juga: Pergi Kerja Anti Badmood, Yuk Siapkan Stater Pack Khusus!(gar)