Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home global news detail berita

Perbedaan Muhammadiyah-NU Terkikis dengan Pemahaman Adil dan Berimbang

mahmuda attar hussein Senin, 20 Februari 2023 - 23:40 WIB
Perbedaan Muhammadiyah-NU Terkikis dengan Pemahaman Adil dan Berimbang
Dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) tampak kompak saat mengikuti kegiatan Isra Miraj. (Foto: Dok. Muhammadiyah)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dua organisasi Islam terbesar di Tanah Air, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), tampak selaras saat melangsungkan kegiatan Isra Mi'raj. Kegiatan yang diselenggarakan di SMK Muhammadiyah Gunem, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, pada Sabtu (18/2) turut dihadiri pengurus NU.

Dalam acara Isra Mi'raj Muhammadiyah itu, turut hadir antara lain Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Gunem, KH Ismangun dan Ketua Pengurus Anam Cabang (PAC) Ansor Gunem, Abdul Jamil.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, KH Tafsir mengatakan, setiap perbedaan antara Muhammadiyah dan NU bisa dijembatani melalui penjelasan yang adil dan imbang. Sehingga antara kedua organisasi Islam terbesar di Tanah Air itu bisa saling memahami dan mengetahui alasan di balik perbedaan tersebut.

Baca Juga: Geliat Majelis Taklim di Indonesia, Sudah Ada Sejak Era Walisongo

"Semua bisa dijembatani lewat penjelasan yang adil dan imbang. Lantas keduanya bisa saling bisa memahami dari penjelasan tersebut," kata Tafsir seperti dikutip dari laman Muhammadiyah, Senin (20/2/2023).

Sementara itu, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Rembang, Mohammad Ansori menambahkan, momen kebersamaan antara NU dan Muhammadiyah memang jarang terjadi. Terutama di Kabupaten Rembang sendiri.

Untuk itu, dia berharap agar momen kebersamaan dan pemahaman antara Muhammadiyah dan NU bisa lebih sering dilakukan. Seperti yang sering dilakukan oleh angkatan muda IPM dan IPNU.

Baca Juga: Refleksi Isra Mi’raj, Kejayaan Peradaban Islam Harus Dikembalikan

"Sudah bagus anak-anak kami. Maka menggugah orang tua. Orang tua belum pernah mengadakan kegiatan ini. Semoga acara ini jadi pionir," ujar Ansori.

Di sisi lain, KH Ismangun juga mengapresiasi digelarnya acara momen Isra Miraj yang dihadiri struktural NU dan Muhammadiyah. Dia pun berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut sehingga persaudaraan Islam antara NU dan Muhammadiyah semakin kuat.

"NU dan Muhammadiyah sama-sama untuk memperkuat Islam di dunia ini. Bersyukur di Gunem tidak pernah ada gesekan antara NU dan Muhammadiyah. Kami selalu komunikasi dengan teman-teman di kepengurusan," ungkapnya.

Baca Juga:

Bisakah Peristiwa Isra Mi’raj Dipahami dengan Perspektif Sains?

Menag: Isra Miraj Tonggak Lahirnya Ibadah Salat Lima Waktu


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan