Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 28 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Tugas Perguruan Tinggi Islam: Cetak Kader Bangsa dengan Semangat Hubbul Wathon

Muhajirin Sabtu, 11 Maret 2023 - 05:00 WIB
Tugas Perguruan Tinggi Islam: Cetak Kader Bangsa dengan Semangat Hubbul Wathon
Guru Besar Universitas Islam Indonesia, Mahfud MD meminta perguruan tinggi Islam harus mencetak kader bangsa dengan semangat hubbul wathon. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Guru Besar Universitas Islam Indonesia Mahfud MD mengatakan, Perguruan Tinggi harus berperan aktif dalam mencetak kader bangsa untuk menjaga NKRI dengan semangat hubbul wathon.

“Jangan suka termakan hoax, mari kita jaga negara ini, Perguruan Tinggi Islam bertugas mencetak kader bangsa yang tidak suka makan kabar hoax, yang sadar akan nasionalisme Indonesia. Indonesia bukan negara Islam, tapi negara Indonesia yang menganut nilai-nilai Islami di dalam bernegara,” kata Mahfud MD.

Baca juga: Hubbul Wathon Minal Iman Bisa Jadi Dasar Santri Perangi Radikalisme

Menurut Mahfud, konsep Fiqh Siyasah (fikih politik) dan Fiqh Dusturiyah (fikih konstitusi) pada umat Islam sekarang sangat dominan dalam membangun Indonesia baik saat mendirikan, mempertahankan dari ancaman, dan membangun untuk kemajuan NKRI.

“Indonesia sekarang ini merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Sekarang kita baru merdeka secara resmi, bersatu secara resmi dengan sedikit separatisme, tapi keadilan belum, kemakmuran apalagi,“ tutur Mahfud, melansir laman UII, Jumat (10/3/2023).

Menko Polhukam ini menekankan bahwa, dukungan Islam dan umat Islam Indonesia, dibangun berdasarkan hasil ijtihad para ulama yang melahirkan Fiqh Siyasah (politik) dan Fiqh Dusturiyah (Konstitusi).

"Ide dan konsepsinya adalah bahwa Indonesia merupakan mietsaq sebagai negara inklusif dan kosmopolit sesuai dengan yang dibangun oleh Nabi melalui Piagam Madinah," katanya.

Baca juga: Kilas Balik Masjid Hubbul Wathon, Awalnya Musala Bambu

Ada riwayat “al hanafiyyah al samhah” dari Siti Aisyah dan keterlibatan seorang Yahudi di pasukan kaum muslimin pada Perang Uhud yakni Mukhairiq Bani Qainuqa’.

Umat Islam dengan konsepsi negara kebangsaan, mengalami mobilitas sosial vertikal dan naik secara sangat signifikan di bidang sosial, politik, budaya, ekonomi, budaya: akademisi, politisi, saudagar, budaya Islam, birokrasi, pesantren dan lain-lain.

“Mempelajari kawasan-kawasan Fiqh Islam itu harus cermat, karena beda wilayah, beda penafsirannya,” pungkasnya.

Baca juga: DKM Hubbul Wathon Kembangkan Budidaya Anggur di Rooftop Masjid

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 28 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan