Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Rambu-rambu Memilih Pondok Pesantren yang Wajib Diketahui

Muhajirin Selasa, 09 Mei 2023 - 09:10 WIB
Rambu-rambu Memilih Pondok Pesantren yang Wajib Diketahui
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Prof Yahya Zainul Maarif (Buya Yahya).
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dalam mencari pondok pesantren untuk putra atau putri tercinta, ada beberapa rambu yang perlu diketahui. Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pendidikan agama anak-anak kelak. Pemilihan pondok pesantren yang tepat menjadi hal krusial.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Prof Yahya Zainul Maarif (Buya Yahya), menjelaskan, rambu utama dalam memilih pondok pesantren adalah akidah.

"Yang penting adalah memiliki rambu-rambu yang jelas dalam akidah yang benar, yakni ahlus sunnah wal jamaah," kata Buya Yahya saat menjawab pertanyaan jamaah di salah satu tausiahnya, Selasa (9/5/2023).

Akidah yang benar dan berlandaskan pada ahlus sunnah wal jamaah menjadi fondasi yang kokoh dalam pemilihan pondok pesantren. Pemahaman yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW dan generasi salafush shalih sangatlah penting.

Selain itu, sisi penerapan akhlak juga menjadi faktor penting. Buya Yahya menekankan, pondok pesantren yang terlalu longgar dalam penerapan aturan dan peraturan dapat berdampak negatif pada perkembangan anak.

"Jika pondok terlalu longgar, anak kita mungkin tidak akan menjadi lebih baik karena peraturan yang ada sebelumnya membantu mereka menjadi lebih baik," tambahnya.

Salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan adalah jarak antara rumah dan pondok pesantren. Buya Yahya menegaskan, jarak bukanlah masalah yang besar dalam memilih pondok pesantren yang tepat.

Baca juga:Tips Hindari Kecelakaan Digital, Harus Punya Bekal Etika dan Ahlak

Dia mencontohkan banyak santri dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar negeri, dan mereka tetap merasa dekat dengan pondok pesantren yang mereka pilih.

"Biarpun dekat, orang tua tetangga Pondok Al Bahjah tidak melihat anaknya setiap hari dan tetap mengikuti peraturan, kunjungan hanya dilakukan beberapa bulan sekali. Jadi, baik dekat maupun jauh, tidak ada masalah dengan Al Bahjah karena tidak dapat melihat anak setiap saat," papar Buya Yahya.

Buya Yahya juga memberikan beberapa rekomendasi pondok pesantren yang bisa menjadi pilihan. "Jika di sekitar sana ada Pondok Mbah Janin Banyumas atau Pondok Purbalingga, bahkan turun sedikit di Batang juga ada, insya Allah banyak pilihan pesantren di kiri dan kanan Anda," ungkapnya.

Namun, yang terpenting adalah menjaga kerinduan untuk membawa anak pada kebaikan dan kemuliaan. Jarak yang jauh tidaklah menjadi halangan yang signifikan.

"Jangan terlalu memikirkan jarak yang jauh, yang penting anak Anda selamat dan baik. Sekarang, jarak sudah hampir tidak memiliki arti. Semoga Allah memudahkan Anda untuk membawa Putri Anda pada kemuliaan yang sesungguhnya," tutup Buya Yahya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan