Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home masjid detail berita

BWI Beberkan Solusi Masalah Wakaf Masjid di Indonesia

Muhajirin Rabu, 07 Juni 2023 - 19:30 WIB
BWI Beberkan Solusi Masalah Wakaf Masjid di Indonesia
Kegiatan penyuluhan hukum wakaf di antor MUI Pusat, Selasa (6/6/2023).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakaf masjid di Indonesia masih menyisakan beberapa masalah yang mesti ditangani dan dicarikan solusi secepatnya. Di antara masalah yang ada terkait status lahan, perizinan, hingga tata bangunan.

Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dr Tatang Astarudin menjelaskan, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang dijuluki Negara Sejuta Masjid. Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyebutkan, jumlah masjid di Indonesia lebih dari 800 ribu bahkan 1 juta, termasuk mushala.

"Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah (mahdhah), tetapi juga ibadah sosial yang lebih luas (ghair mahdhah) seperti pendidikan, ekonomi, sosial budaya, tempat musyawarah dan lainnya," kata Tatang dalam Penyuluhan Hukum Wakaf di Kantor MUI Pusat, Selasa (6/6/2023).

Menurut data pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama RI 2002, jumlah masjid dan mushala di Indonesia sebanyak 741.991. Dari jumlah tersebut memiliki banyak masalah yang harus dicarikan solusinya.

Baca juga:Potensi Wakaf Uang Rp188 Triliun Belum Optimal

"Problematika yang ada itu di antaranya terkait status lahan (tanah), konflik pengelolaan (nazhir), perizinan (IMB, status bangunan), tata bangunan dan lingkungan, keadaan fisik bangunan dan kemakmuran," ujar Tatang.

Selaras dengan banyaknya jumlah masjid y ang ada di Indonesia, problematika yang ada juga sangat beragam. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada 2012 melansir temuan 85% rumah ibadah di Indonesia tak berizin.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebenarnya telah mengeluarkan fatwa terkait status lahan masjid. Dalam fatwa MUI Nomor 54 Tahun 2014 Tentang Status Tanah yang Di Atasnya Ada Bangunan Masjid, dalam fatw atersebut disebutkan:

“Status tanah yang di atasnya ada bangunan masjid adalah wakaf. Adapun yang belum berstatus wakaf wajib diusahakan untuk disertifikasikan sebagai wakaf. Pengurus masjid yang tanahnya yang secara formal belum berstatus wakaf harus diusahakan untuk disertifikasi wakaf sesegera mungkin untuk melakukan tertib administrasi danmencegah terjadinya penyimpangan."

Dalam kajian yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, mengatakan, kesadaran surat menyurat soal wakaf sangat penting. Hal ini lantaran banyaknya orang yang berwakaf tetapi tidak mengurus surat menyuratnya.

“Saking jujurnya orang-orang kita ketika berwakaf tetapi tidak dicatat, biasanya dalam perjuangan masih utuh, tapi kalau sudah ada pendapatan beda pendapat,” kata Kiai Cholil.

Pencatatan surat menyurat dalam wakaf penting dilakukan untuk menghindari adanya konflik di kemudiaan hari. Dia mengungkapkan, biasanya persoalan tersebut akan terjadi pada generasi kedua dan ketiga.

“Seringkali juga dari tanah wakaf yang ada di tengah-tengah kita ini bermasalah ketika generasi kedua dan ketiga,” ungkapnya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan