Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Lansia Perlu Perhatian Lebih saat Pandemi Covid-19

Muhajirin Sabtu, 28 Agustus 2021 - 22:22 WIB
Lansia Perlu Perhatian Lebih saat Pandemi Covid-19
ilustrasi (foto: LANGIT7.ID/ iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Prosentase lansia Indonesia meningkat sekitar dua kali lipat. Pada 2019, lansia mencapai 25,64 juta orang atau 9,60% dari total populasi di Indonesia.

Ironisnya, perempuan lansia lebih banyak dari laki-laki, sehingga mereka merangkap jadi kepala rumah tangga.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Hasto Wardoyo, mengatakan, saat ini banyak lansia harus mendapat perhatian lebih karena kondisi kesehatan dan masalah ekonomi.

Dia menjelaskan, ada lansia yang sehat namun tidak kuat secara ekonomi. Ada pula yang kuat secara ekonomi, namun sudah memiliki masalah kesehatan yang beragam. Kelompok lansia ini yang menjadi perhatian BKKBN melalui program menjadikan lansia yang sehat dan punya modal sehingga bisa menginvestasikan kemampuan dan uangnya untuk kepentingan ekonomi produktif.

“Sedangkan untuk yang tidak sehat dan tidak mampu ekonominya maka problemnya adalah charity,” kata dr Hasto melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: 4 Jenis Olah Raga Ini Tak Lagi Sesuai untuk Lansia

Hasto menjelaskan, lansia dalam kategori pertama dan kedua tadi mudah mendapatkan gangguan psikologis, sehingga butuh perhatian lebih. Dalam hal ini, keluarga memiliki perang penting. Terutama anak-anak dari lansia tersebut.

"Siapa yang akan membuat anak kita itu jadi tahu bahwa filosofi orang tua kita ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani misalnya, siapa yang akan mempertahankan itu akan bertransformasi dengan baik. Bangsa yang baik merupakan bangsa yang mempertahankan nilai-nilai luhurnya,” ucap Hasto.

Selain itu, Hasto menjelaskan, lansia pada saat pandemi biasanya mengalami gangguan kesehatan, terutama kesehatan mental karena takut terkena Covid-19. Secara emosional, kondisi pandemi tidak memungkinkan untuk mengunjungi orang tua. Untuk itu, keluarga sangat penting untuk menjaga lansia untuk terhindar dari stress.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan