Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Hati Istri Meleleh Lewat 10 Tips Jadi Suami Romantis dari Rasulullah

esti setiyowati Rabu, 13 September 2023 - 05:00 WIB
Hati Istri Meleleh Lewat 10 Tips Jadi Suami Romantis dari Rasulullah
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Nabi Muhammad SAW merupakan sosok teladan bagi umat Islam dalam segala hal, termasuk membangun rumah tangga yang harmonis.

Banyak riwayat yang menyebutkan begitu hormatnya Rasulullah SAW pada wanita. Beliau pun memerintahkan para sahabat untuk menghormati wanita dan memperlakukannya dengan baik.

Setidaknya ada 10 sunnah yang dapat diamalkan para suami pada istrinya agar kehidupan rumah tangga terjaga kemesraan dan keromantisannya.

Baca juga:Buya Yahya Ajak Masyarakat Ambil Bagian dalam Pembangunan Pondok Pesantren

1. Menyuapi istri
Islam memberi kemudahan dalam segala bagi umatnya, termasuk memperoleh pahala. Hal sederhana seperti tersenyum dan menyuapi istri pun dinilai pahala dalam Islam.

Dalam kitab Shahih Bukhori terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sa'd bin Abi Waqash, di mana Nabi SAW bersabda,

"Dan sesungguhnya jika engkau memberikan nafkah, maka hal itu adalah sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu."

2. Bermain bersama
Suami sebagai kepala keluarga tentu memilik tanggung jawab yang besar. Namun, bukan berarti tidak dapat meluangkan waktunya untuk bergembira dan bermain bersama sang istri.

Teladan umat Islam, Rasulullah SAW kerap memberi waktunya untuk bermain lewat lomba lari.

Aisyah meriwayatkan:

“Nabi berlari bersamaku, dan aku mengalahkannya.” (Ibnu Majah)

3. Minum satu gelas berdua
Banyak cara dilakukan Nabi Muhammad SAW untuk menunjukkan rasa cintanya yang begitu besar pada Aisyah. Salah satu sikap romantis Rasulullah pada istrinya adalah minum segelas berdua.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW tak ragu minum dari bekas Aisyah yang tengah haid.

“Aku biasa minum dari gelas yang sama ketika haidh, lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam mengambil gelas tersebut dan meletakkan mulutnya di tempat aku meletakkan mulut, lalu beliau minum.” (HR Muslim.)

4. Tidur di pangkuan istri
Bersandar di bahu atau pangkuan pasangan tentu merupakan hal yang romantis. Begitu Rasulullah dalam memperlakukan Aisyah, di mana beliau biasa meletakkan kepalanya di pangkuan sang istri dan membacakan Al-Qur'an.

Diriwayatkan oleh Aisyah:

“Nabi (saw) biasa bersandar di pangkuanku dan membaca Al-Quran saat aku sedang menstruasi.” (Al-Bukhari).

5. Mandi bersama
Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, "Aku biasa mandi berdua bersama dari satu bejana." (HR Al-Bukhari)

Riwayat lain dari Aisyah mengatakn,

“Aku dan Rasulullah SAW mandi dari bejana yang sama, dan tangan kita bergantian ke dalamnya seperti kita telah melakukan hubungan intim.” (Muslim)

Juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa bibi dari pihak ibu, Maimunah, berkata:

“Aku dan Rasulullah biasa mandi dalam satu wadah.” (Ibnu Majah).

6. Membantu istri
Meluangkan waktu dan membantu istri dalam urusan rumah merupakan sikap romantis lain yang bisa dilakukan para suami.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mempunyai kebiasaan dan sunnah yaitu membantu sang istri di rumah.

‘Aisyah radhiallahu ‘anha berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba waktu sholat maka beliaupun pergi shalat” (HR Bukhari).

7. Menggunakan panggilan sayang untuk istri
Nabi SAW biasa memanggil Aisyah dengan panggilan sayang, Humayrah yang berarti kemerahan. Terkadang Rasulullah juga memanggil Aisyah dengan sebutan "Aisy/Aisyi"

8. Satu selimut bersama istri
Diceritakan oleh Aisyah RA, ketika Rasul sedang berada dalam satu selimut dengan Aisyah, tiba-tiba Aisyah bangkit. Rasul kemudian bertanya “Mengapa engkau bangkit ?” Aisyah menjawab “Karena aku sedang haidh wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah berkata “Kalau begitu pergilah, lalu berkainlah dan dekatlah kembali denganku.” Aisyah pun masuk lalu berselimut bersama beliau,” (HR Sa’id bin Manshur).

9. Sering mencium istri
Mencium istri selain memperat hubungan dan menenangkan hati juga bernilai ibadah sekaligus sedekah. Seperti yang dilakukan Nabi SAW pada istrinya, Aisyah.

Dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa mencium istrinya setelah wudhu', kemudian beliau sholat dan tidak mengulangi wudhunya." (HR ‘Abdurrazaq)

10. Mengajak istri healing ke luar kota
Tugas seorang wanita berumah tangga sangatlah berat, yaitu menjadi istri sekaligus ibu yang baik. Karena itu, mengajak refreshing atau healing tentu menyenangkan bagi seorang istri.

Aisyah RA berkata : “Biasanya Nabi SAW apabila ingin melakukan suatu perjalanan, beliau melakukan undian di antara para istrinya. Barangsiapa yang keluar nama/nomor undiannya, maka dialah yang ikut pergi bersama beliau.” (HR Bukhari dan Muslim).



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan