Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Tips Tetap Bugar Saat Pandemi ala Dokter Nadia Alaydrus

muhammad rifai akif Rabu, 01 September 2021 - 19:03 WIB
Tips Tetap Bugar Saat Pandemi ala Dokter Nadia Alaydrus
dokter Nadia Alaydrus Foto : Instagram.com/nadialaydrus
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pandemi Covid-19 akibat virus korona sudah berjalan nyaris dua tahun dan belum ada tanda-tanda berakhir. Belum lagi sifat virus yang bermutasi rentan memunculkan varian baru

Mau tak mau saat ini setiap orang mesti siaga dengan selalu menjaga kesehatan agar imun tetap stabil. Ini penting karena bila toh terpapar virus, imunitas yang kuat akan membuat tubuh memiliki perlawanan bagus dan mudah pulih.

Bagaimana kiat membuat tubuh dan imunitas tetap prima? Berikut tips bugar ala dokter Nadia Alaydrus sekaligus influencer di media sosial yang dibagikan kepada Langit7.id, Selasa (31/8/2021)

1- Menjaga Jam Tidur

Dokter cantik ini menyarankan untuk menjaga jam tidur agar tidak berantakan. "Terlebih di masa-masa seperti ini harus dijaga betul," ujarnya. Ia menekankan waktu tidur optimal 7-9 jam satu hari.

"Usahakan rutin jam tidurnya, agar dalam tubuh juga bisa mudah mengatur pola istirahat." katanya.

2- Menjaga Makanan

Menjaga makan bukan berarti banyak mengasup makanan. Banyak makan saat aktifitas berkurang seperti dirumah saja juga kurang baik. Itu hanya akan membuat tubuh bertambah gemuk dan berat badan naik. Usahakan konsumsi makanan sehat dan mengandung banyak serat seperti sayur dan buah. Makanlah dengan rutin namun secukupnya saja.

3- Jangan Lupa Olah Raga

Penting sekali untuk tetap rutin berolah raga dengan intensitas 3-5 kali dalam seminggu. Waktunya pun tidak perlu lama minimal 15 menit saja sudah cukup. Olahraga bisa dilakukan kapan saja, pagi, siang atau sore, bergantung waktu luang di luar aktifitas rutin.

Cara berolahraganya pun beragam, di rumah saja pun bisa. "Saya biasanya ikut senam dari Youtube, atau lari-lari kecil keliling komplek rumah di sore hari" ujar dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UYM) yang sering tampil di layar kaca ini.

4- Mengelola Stress

Ini tak kalah penting dijaga. Saat pandemi kecenderungan stress lebih tinggi disebabkan kondisi yang menyulitkan dan kabar tidak sedap datang silih bergant

Sebaiknya hindari konsumsi berita-berita buruk, dan pilihlah bacaan bernada baik agar pikiran tetap positif. Selanjutnya jauhilah pikiran negatif dan prasangka buruk. Bila ini terus dipelihara akan memicu psikosomatik, penyakit yang disebabkan kecemasan berlebih akibat pengaruh pikiran terhadap tubuh

Contoh paling mudah, seseorang batuk sebenarnya karena makanan tinggi gula, tetapi pikiran kelewat cemas dan menduga hal terburuk, alhasil batuk biasa berubah menjadi indikasi akibat virus covid-19, seketika tubuh pun menjadi drop. Itulah psikosomatik.

5- Kurangi Merokok

Tips terakhir dari dokter cantik ini adalah kurangi merokok. Seperti kita tahu bersama, virus covid-19 paling banyak menyerang paru-paru dan saluran pernafasan. untuk itu mengurangi rokok adalah hal yang paling relevan dalam meminimalisir bahaya dari virus ini.

(arp)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan