Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home community detail berita

Hampir 4 Bulan Lockdown, Muslim Australia Gelar Shalat Jumat Perdana

Suandri Ansah Jum'at, 15 Oktober 2021 - 20:40 WIB
Hampir 4 Bulan Lockdown, Muslim Australia Gelar Shalat Jumat Perdana
Komunitas muslim di Australia gelar shalat Jumat perdana. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Komunitas muslim di Negara Bagian New South Wales, Australia menyelenggaran Shalat Jumat perdana, Jumat (15/10/2021) setelah hampir empat bulan mengalami pembatasan ketat (lockdown) akibat Covid-19. Dibolehkannya menggelar Shalat Jumat di masjid ini disambut dengan penuh suka cita dan rasa haru.

“Saat ini adalah waktu terlama umat Islam tidak dapat masuk ke masjid, termasuk untuk melaksanakan salat Jumat,” ujar Haidir Fitra Siagian, Dosen UIN Alauddin Makassar yang tinggal di sana lewat pesan tertulis.

Ketua Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) NSW Australia ini menceritakan suasana Shalat Jumat di Masjid Omar, Wollongong. Pelaksanaan Shalat Jumat perdana ini dilakukan dalam tiga gelombang.

“Karena harus menjaga jarak dua meter, maka kapasitas ruangan hanya bisa diisi sebanyak empat puluh orang jamaah. Sehingga panitia melaksanakan Shalat Jumat secara berjamaah sebanyak tiga gelombang. Masing-masing tetap mendengarkan khutbah Jumat dari khatib yang berbeda,” katanya.

Beberapa hari sebelumnya, lanjutnya, melalui media sosial, pengurus masjid sudah menyampaikan pengumuman tentang prosedur pelaksanan Shalat Jumat. Di antaranya adalah keharusan memakai masker, menjaga jarak, anak-anak di bawah delapan tahun tidak boleh dibawa ke masjid.

Kemudian, Shalat Jumat hanya dikhususkan bagi orang dewasa sudah sudah vaksin penuh. Satu lagi, jamaah diminta membawa surat vaksin penuh, jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan dari pihak terkait.

Meskipun kebijakan lockdown sudah diperlonggar, pembatasan warga belum dibuka secara menyeluruh. Masih terdapat peraturan yang mesti dilaksanakan secara ketat. Sehingga tidak semua umat Islam dapat leluasa melaksanakan Shalat Jumat.

“Sebab pelonggaran dikhususkan bagi warga dewasa yang sudah mengikuti vaksinasi sebanyak dua kali,” tuturnya.

Warga yang belum pernah mendapatkan vaksin ataupun yang baru satu kali belum diperbolehkan melaksanakan aktivitas yang berlebihan di luar rumah. Kepada mereka masih dilarang untuk bepergian jauh, mendatangi tempat-tempat hiburan, restoran dan lain-lain. Termasuk yang tidak boleh didatangi adalah rumah ibadah.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan