Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 30 Maret 2024
home lifestyle muslim detail berita

Dari Salmon sampai Apel, Ini 9 Jenis Makanan Booster Kesehatan

Fifiyanti Abdurahman Rabu, 05 Januari 2022 - 17:14 WIB
Dari Salmon sampai Apel, Ini 9 Jenis Makanan Booster Kesehatan
Jenis makanan yang bisa memacu kesehatan tubuh. Foto: LANGIT7/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Tahun baru banyak orang mulai merencanakan untuk menyusun gaya hidup sehat. Mulai dari menyusun daftar rencana diet ketat atau olahraga militan hingga mengubah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Saat Anda ingin meningkatkan kesehatan di tahun ini, British Nutrition Foundation (BNF) menyarankan untuk memilih jenis makanan yang kaya nutrisi. Seorang juru bicara BNF menyarankan 10 makanan yang bisa memacu kekurangan vitamin setelah liburan akhir tahun lalu.

"Kami ingin orang makan berbagai buah dan sayuran," kata juru bicara BNF seperti dilansir dari The Independent, Rabu (5/1/2021).

"Tetapi kami telah mencoba untuk mendapatkan keseimbangan antara menyarankan makanan tertentu yang kaya nutrisi tetapi tidak terlalu mahal atau khusus".

Baca juga: Miliki Protein dan Rendah Lemak, Ganyong Potensial untuk Diversifikasi Pangan

Berikut 9 jenis makanan yang bisa menstimulus kesehatan:

Salmon

BNF merekomendasikan dua porsi ikan per minggu, salah satunya harus jenis berminyak seperti salmon. Ahli gizi terdaftar Daniel O'Shaughnessy, alias The Naked Nutritionist, menyarankan untuk memilih salmon liar jika memungkinkan karena lebih kaya kandungan omega 3 dan biasanya lebih merah muda, yang berarti memiliki lebih banyak antioksidan, astaxanthin, yang menurut penelitian telah ditemukan untuk memperbaiki kulit. Salmon mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk omega 3 serta protein, vitamin D, selenium, dan yodium.

Gandum

BNF mengatakan bahwa gandum adalah sumber serat yang brilian, beta glukan, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Saran dari organisasi tersebut, sebaiknya sarapan dengan membuat bubur dari gandum ini.

Kacang-kacangan

Protein nabati seperti lentil dan kacang-kacangan adalah sumber serat yang kaya, kata BNF. Mereka juga mengandung zat besi dan folat, yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Penulis dan ahli gizi Jo Travers menyarankan untuk membuat dahl dengan lentil Anda, atau bisa menambahkan banyak sayuran untuk nutrisi tambahan. Jika Anda menambahkan kunyit, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari efek anti-inflamasi juga sambil menikmati makanan karbohidrat slow-release.

Tomat

Tak banyak yang menyangka bila tomat memiliki kekuatan untuk menstimulus kesehatan tubuh. Tetapi BNF mengatakan, tomat kaya akan vitamin C dan fitokimia alami seperti likopen, pigmen alami yang memberi warna merah cerah pada tomat. Anda bisa menambahkan tomat ke dalam kari, sup, atau sayuran panggang.

Apel

Apel mengandung serat larut serta polifenol, yang dapat mengobati masalah pencernaan dan melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular, catat BNF. Apel sangat baik dimakan sebagai camilan sehat atau bubur saat sarapan.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan paling sehat karena mengandung berbagai vitamin. Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kubis cenderung menyediakan vitamin C dan A, folat dan potasium, catat BNF, yang kemudian meningkatkan kekebalan, energi, dan kesehatan kulit.

Brokoli merupakan salah satu yang paling bergizi, kata O'Shaughnessy, karena mengandung DIM (Di-indolyl Methane), penghambat aromatase yang kuat. Artinya dapat mendukung keseimbangan hormon.

Yoghurt plain

Yoghurt polos mungkin terdengar tidak menarik, tetapi ini adalah bahan dasar yang bagus untuk camilan dan makanan penutup saat Anda mencoba menghindari makanan manis, kata BNF. Kandungan protein, kalsium, riboflavin dan yodium, memegang peran penting dalam kesehatan tiroid.

Memilih yoghurt plain berarti terhindari dari gula tambahan. Untuk rasa, coba tambahkan buah kering atau segar, atau kacang-kacangan dan biji-bijian.

Biji-bijian utuh

Karbohidrat gandum utuh seperti roti, pasta, gandum bulgar atau freekeh cepat dan mudah dimasak dan kaya serat serta nutrisi seperti niasin dan fosfor, membantu tubuh memperbaiki jaringan dan sel.

Baca juga: 6 Jenis Makanan dengan Protein Melebihi Daging Merah

"Makanan ini memberi kita energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan gula darah," kata Travers. "Tetap pada porsi seukuran kepalan tangan pada satu waktu."

Buah sitrus

Buah jeruk sedang musim pada saat ini tahun, yang berarti mereka adalah pilihan yang berkelanjutan dan juga sehat. Makanan seperti jeruk, lemon dan jeruk bali kaya akan vitamin C, kata BNF, dan menyediakan folat, yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan sangat penting bagi wanita selama kehamilan.

Anda dapat dengan mudah menambahkan lemon dan limau ke dalam makanan dengan menambahkannya ke saus salad atau menggunakannya untuk membumbui hidangan lainnya, yang menurut BNF dapat membantu Anda mengurangi garam.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 30 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
Terpopuler 0 oyo
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan