Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home global news detail berita

Kejar Ketinggalan dari Malaysia, Kemenag Percepat Program Sehati

Andi Muhammad Selasa, 30 Agustus 2022 - 14:00 WIB
Kejar Ketinggalan dari Malaysia, Kemenag Percepat Program Sehati
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Aqil Irham. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Aqil Irham mengungkapkan bahwa pemberian fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) merupakan upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia produsen halal nomor satu di dunia pada 2024 mendatang.

“Jika sebelumnya rata-rata per tahun hanya ada sekitar 100 ribu produk disertifikasi halal, dengan pemberian fasilitasi ini kita berharap akan ada lompatan jumlah,” ujar Aqil dalam keterangannya, dikutip Selasa (30/8/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, percepatan sertifikasi produk halal ini dilakukan agar Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dari negara tetangga Malaysia.

"Malaysia itu menurut laporan halal global, hampir satu dekade menduduki peringkat pertama industri halal. Padahal dulu belajarnya di Indonesia," kata Aqil.

Baca Juga: Es Krim Berpotensi Haram, Ini Penjelasan LPPOM-MUI

Ia menjelaskan bahwa selama ini tren sertifikasi halal di Indonesia hanya mencapai 100 ribu produk per tahun. Yang berarti angka tersebut masih jauh untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen halal nomor satu di dunia.

"Kalau kita melihat data, ada 64 juta pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) misalkan masing-masing punya satu produk, dibagi 100 ribu. Artinya kita butuh 640 tahun untuk mensertifikasi halal semua produknya," jelasnya.

Aqil menjelaskan, pogram Sehati merupakan wujud keberpihakan pemerintah dalam pengembangan ekosistem halal. Kuota yang dberikan oleh BPJPH pun sekitar 350 ribu. "Juni kemarin, 25 ribu kuota sudah habis, dan sekarang sedang berproses sidang fatwanya," ujar Aqil.

Tahap yang kedua pembagian program Sehati akan kembali dibuka pada 24 Agustus sampai 17 September mendatang dengan menyediakan kuota sebanyak 324.834 ribu.

"Ini harus segera dimanfaatkan oleh teman-teman pelaku usaha. Jangan sampai ketinggalan, segera daftar melalui ptsp.halal.go.id," ujarnya.

Baca Juga: Hukum Beli Makanan dengan Nama Mie Setan, Ini Kata Buya Yahya

Baca Juga: Ngobrol Bareng Daniel Mananta, UAS Ungkap Makna Rahman dan Rahim

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan