alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home edukasi & pesantren detail berita

Tulis Buku Doa Islam dalam Tiga Bahasa, Penulis: Biar Semua Orang Bisa Belajar

Fifiyanti Abdurahman Kamis, 22 September 2022 - 19:02 WIB
Tulis Buku Doa Islam dalam Tiga Bahasa, Penulis: Biar Semua Orang Bisa Belajar
Buku Doa-Doa dari Alquran yang ditulis dalam tiga bahasa. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID - , Jakarta - Seriyawati, warga negara Indonesia (WNI) di Nagoya, Jepang, menulis buku berjudul “Doa-doa dari Al Quran” dalam tiga bahasa, di antaranya bahasa Indonesia, Jepang dan Inggris.

Awalnya, Seriyawati, menulis buku tersebut untuk bahan ajar murid-muridnya yang belum memahami huruf alfabet dalam melafalkan doa.

“Anak-anak di sini di Jepang belajarnya itu pakai Katakana, mereka enggak belajar Latin atau alfabet,” kata Seriyawati, dikutip dari Antara, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Perbanyak Doa Dalam Setiap Sujud, Jangan Hanya di Sujud Terakhir

Sebelumnya, Seriyawati menuliskan doa-doa dalam aksara Jepang Katakana dan Hiragana. Namun, buklet fotokopi tersebut seringkali hilang dan cepat rusak.

Dia pun kemudian mengubah metode tersebut dengan menggunakan berbagai bahasa. Tujuannya agar cakupan pembaca bukan hanya murid-muridnya, tapi juga para Muslim di Jepang atau siapa pun yang tertarik belajar Al Quran.

Buku karya Seriyawati itu berisi doa dalam bahasa Arab, dengan pelafalan menggunakan huruf latin dan Katakana atau aksara Jepang, khususnya untuk kata serapan dari bahasa asing.

Kemudian, doa-doa tersebut disertakan terjemahan dalam tiga bahasa, di antaranya bahasa Jepang, Indonesia dan Inggris.

“Saya tambahkan terjemahannya biar semua orang bisa mempelajarinya. Kebetulan saya juga punya murid online dari Prancis. Jadi, memang dia enggak bisa bahasa Jepang dan Indonesia. Saya pikir bisa belajar dari buku ini karena ada bahasa Inggris, bahasa internasional,” ujarnya.

Baca juga: Doa Nabi SAW saat Sedang Sulit, Yuk Dihafal dan Diamalkan

Dalam proses penulisan, Seriyawati dibantu rekannya warga negara Jepang terkait penulisan Katakana. Namun, ia kemudian mengevaluasi kembali agar pelafalan dalam bahasa Jepang benar-benar mendekati bahasa Arab.

“Sedikit berbeda dengan buku-buku yang sudah ada di Jepang. Saya sebisa mungkin pelafalannya mendekati lafal aslinya. Kalau sha itu sho bukan sa dan kalau ro pakai ro bukan la atau ra,” katanya.

Buku yang berisi 80 doa dalam 98 halaman itu sudah dicetak sebanyak 800 eksemplar sejak terbit pada Mei 2022. WNI yang sudah bermukim selama 22 tahun di Negeri Sakura itu mengatakan proses penulisan buku memakan waktu hingga satu tahun sejak musim panas 2021.

Seriyawati mengaku tidak membanderol harga buku yang saat ini masih dicetak secara mandiri atau independen itu. Ia awalnya ingin membagikan buku itu secara cuma-cuma kepada siapa saja yang berminat seperti buku pertamanya Mainichi no Doa (doa sehari-hari).

“Buku ini sebetulnya harganya dua kali lipat dari buku yang pertama karena buku pertama itu cuma 50 halaman. Kalau yang ini seikhlasnya, mau bayar 100 yen juga tidak apa-apa. Tadinya mau digratiskan saja sama dengan yang pertama, tapi saya butuh biaya untuk buku yang ketiga nanti,” katanya.

Baca juga: Agar Doa Terkabul Lakukan Dua Hal Sederhana Ini

Ia berharap dengan adanya buku itu murid-muridnya dapat mempelajari dan menghafal doa-doa dari Al Quran dengan mudah dan juga bisa menjadi amal jariyah.

“Awalnya memang untuk anak-anak yang saya ajar. Tapi, kalau boleh idealis, saya enggak bisa ngasih harta benda untuk anak dan cucu saya. Tapi inilah yang jadi warisan dan peninggalan saya,” katanya.

Kedua buku tersebut, Mainichi no Doa dan Doa-doa dari Al Quran sudah tersebar di berbagai masjid dan taman pendidikan Al Quran di Jepang.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan