Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home masjid detail berita

Tausiah Rabu Pagi: Islam Sangat Kecam Perilaku Diskriminatif

hasanah syakim Rabu, 28 September 2022 - 06:00 WIB
Tausiah Rabu Pagi: Islam Sangat Kecam Perilaku Diskriminatif
Tausiah Rabu Pagi: Islam Sangat Kecam Perilaku Diskriminatif. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, Jakarta - Di sisi Allah SWT, manusia yang mulia adalah mereka yang bertakwa. Penceramah Ustaz Abdurahman Al Habsyi menjelaskan, Islam menganggap sama dan setara bagi yang mereka yang mempunyai keterbatasan fisik, dengan orang-orang yang lainnya.

Menurut Ustaz Rahman, hal tersebut dapat disaksikan ketika Allah Ta'ala berfirman dalam Surat An-Nur ayat 61, di mana Allah Ta'ala berfirman:

لَّيْسَ عَلَى ٱلْأَعْمَىٰ حَرَجٌ وَلَا عَلَى ٱلْأَعْرَجِ حَرَجٌ وَلَا عَلَى ٱلْمَرِيضِ حَرَجٌ وَلَا عَلَىٰٓ أَنفُسِكُمْ أَن تَأْكُلُوا۟ مِنۢ بُيُوتِكُمْ أَوْ بُيُوتِ ءَابَآئِكُمْ أَوْ بُيُوتِ أُمَّهَٰتِكُمْ...

Artinya: "Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu, makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu atau di rumah bapak-bapakmu, di rumah ibu-ibumu." (QS An Nur: 61).

Ustaz Rahman mengungkapkan, dalam potongan Surat An-Nur ayat 61 ini ditegaskan, bagaimana Islam menganggap sama dan setara antara yang memiliki keterbatasan fisik dengan yang lainnya.

"Islam juga sangat mengecam sikap diskriminatif terhadap penyandang disabilitas," kata Ustaz Rahman dalam Webinar Langit7 bertema 'Hak Disabilitas (Tuna Rungu) Mengenal Islam', Selasa (27/9/2022).

Terlebih, sikap diskriminatif terhadap kesombongan yang ditunjukan oleh pihak yang merasa dirinya sombong. Lebih lanjut, Ustaz Rahman menyebut, hal tersebut sebagaimana Rasulullah Saw pernah bersabda:

Artinya: "Sungguh seseorang niscaya punya satu derajat di sisi Allah Ta'ala yang tidak akan bisa dicapainya dengan amal, sampai dia diuji dengan cobaan di badannya lalu dengan ujian tersebut mencapai derajat tersebut. (HR Abu Dawud).

Baca Juga: Cerita Tiar Anwar Terjemahkan Khutbah Jumat Syekh Qaradhawi Menjadi Buku

"Jadi keterbatasan fisik merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah Ta'ala kepada hambaNya, dan sesuai hadis di atas dengan ujian inilah derajat kemuliaannya tidak bisa dicapai hanya dengan amal," kata Ustaz Rahman.

Dia menambahkan, istilah tuli, bisu digunakan sebagai tamsil dalam Al-Qur'an. Akan tetapi saat seseorang menyaksikan orang lain yang memiliki keterbatasan fisik atau lahiriyyah mereka memiliki hati yang jauh lebih cemerlang.

"Saat kita menyaksikan betapa mereka orang-orang yang kita lihat memiliki keterbatasan secara fisik atau lahiriyah, hati mereka jauh lebih cemerlang ketimbang hati-hati kita yang dapat melihat, mendengar, dan berucap," ujarnya.

Dengan demikian, menurutnya apabila ada seseorang yang dapat mencanangkan pendidikan agama Islam terutama Al-Qur'an bagi kaum disabilitas tersebut, belum tentu bisa dilakukan oleh yang lainnya.

"Kita patut untuk memuji beliau (pimpinan pesantren Darul A'shom Yogyakarta, Ustaz Abu Kahfi) dan mengacungkan jempol kepada beliau tentang perjuangan yang telah dilakukan para ustaz lakukan untuk para disabilitas," ucapnya.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan