Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Keistimewaan Rukuk bagi Kesehatan, Cegah Prostat hingga Pengapuran

Fifiyanti Abdurahman Jum'at, 14 Oktober 2022 - 06:59 WIB
Keistimewaan Rukuk bagi Kesehatan, Cegah Prostat hingga Pengapuran
Muslim India tengah melangsungkan salat Jumat. Foto: LANGIT7/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Salat merupakan ibadah yang dijalankan umat Islam lima kali sehari. Selain berbuah pahala kebaikan, salat juga menjadi investasi cukup besar dalam kehidupan manusia.

Dokter Spesialis Bedah Onkologi (Bedah Tumor) dr Bahar Azwar SpB-Onk, dalam buku Ketika Dokter Memaknai Sholat, menjelaskan manfaat salat dari kacamata medis.

Baca juga: Keistimewaan Sujud saat Salat Kata Imam Al-Ghazali

Salah satu yang dijelaskan adalah manfaat gerakan rukuk dalam salat. Rukuk adalah gerakan membungkuk yang diikuti dengan membaca bacaan zikir.

Disebutkan dr Bahar dalam bukunya, gerakan rukuk dapat memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher karena sejajar dengan letak bahu.

"Aliran akan semakin lancar bila rukuk dilakukan dengan benar yaitu meletakkan perut dan dada lebih tinggi daripada leher. Rukuk juga mengempiskan pernapasan. Pelurusan tulang belakang pada saat rukuk berarti mencegah terjadinya pengapuran," jelas dr Bahar.

Selain itu, gerakan rukuk dapat mencegah munculnya keluhan prostat. Pelurusan tulang belakang akan mengempiskan ginjal. Sedangkan penekanan kandung kemih oleh tulang belakang dan tulang kemaluan akan melancarkan kemih.

Baca juga: Siapa Tinggalkan Salat, Rugi Nikmat Sehat dari Sujud

"Getah bening (limfe) fungsi utamanya adalah menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah." jelas dr Bahar.

Sementara, melansir dari Alquran Classes, Jumat (14/10/2022), posisi rukuk saat salat baik untuk kolom vertebral bawah. Gerakan ini membantu meredakan sakit punggung dan penyakit terkait tulang belakang.

Gerakan rukuk juga efektif dalam mengembangkan fleksibilitas bahu, siku dan pergelangan tangan, lutut dan area pergelangan kaki. Lebih dari itu, posisi rukuk dapat melancarkan peredaran darah, meregangkan otot punggung bagian bawah, paha, kaki, dan betis.

Bagi wanita hamil, posisi rukuk juga memberi manfaat besar yaitu mempertahankan posisi janin yang tepat. Namun, perlu dipahami, bahwa manfaat ini bisa didapat bila gerakan rukuk dilakukan dengan benar. Wallahu a'alam bishawab.

Baca juga: Bacaan dan Tuntunan Lengkap Sujud Tilawah, Lakukan Saat Dengar Ayat Sajdah

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan