alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

Ciri Orang Berakhlak Tinggi: Bicara dari Hati dan Bermanfaat

Fifiyanti Abdurahman Jum'at, 25 November 2022 - 07:26 WIB
Ciri Orang Berakhlak Tinggi: Bicara dari Hati dan Bermanfaat
Ilustrasi. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Akhlak adalah budi pekerti atau perilaku. Dalam Islam, akhlak mengacu pada Al-Qur'an dan hadist sebagai penentu baik dan buruk.

Baik buruknya akhlak seseorang bisa dilihat dari responsnya ketika terjadi sesuatu. Saat muncul kata buruk, maka akhlaknya tercela. Begitu juga sebaliknya, bila muncul kalimat baik, maka akhlaknya terpuji.

Pendakwah Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menyebut ada ciri-ciri lain seseorang dianggap memiliki akhlak yang baik.

Baca juga: Buah Sikap Husnuzan dalam Hidup, Ketenangan dan Akhlak Mulia

Menurut pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid ini, hal pertama yang dilihat dari orang berakhlak tinggi adalah saat berbicara lebih banyak menyebut Allah dengan ikhlas.

Kemudian, saat berbicara ada ilmu yang bermanfaat di dalamnya. Dilanjuti dengan hikmah yang menggugah.

Selain ilmu yang bermanfaat, kata Aa Gym, orang berakhlak terpuji menuturkan sesuatu selalu berasal dari hati. Sehingga siapa pun yang mendengar akan tergugah hatinya. Sebab, lanjut ulama kelahiran 29 Januari 1962 ini, sesuatu yang berasal dari hati pasti akan sampai ke hati.

"Tidak harus selalu bagus kata-katanya, canggih, tidak. Mungkin bicaranya sederhana tetapi benar-benar berasal dari hati yang tulus dan tidak ada penyakit hati. Jadi dengan izin Allah masuk ke hati, menggugah dan mengubah," ujar Aa Gym dalam kajian pagi yang diikuti Langit7, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Memetik Lima Nilai Pendidikan Akhlak dalam Surah Al Hujurat

Ciri lain dari seseorang berakhlak baik adalah selalu memberi solusi. Berbeda halnya dengan orang biasa yang sibuk dengan bumbu-bumbu saat bertutur.

"Terus bercerita tetapi tidak nyambung ke Allah, tidak ada ilmu yang bermanfaat, dan tidak ada hikmah itulah umumnya orang yang berbicaranya sia-sia," katanya.

Dari ciri-ciri tersebut Aa Gym lantas mengajak untuk serius dalam melatih diri, sehingga perilaku spontan yang dimiliki menghasilkan perilaku yang baik.

Baca juga: TPQ At-Taufiq, Ciptakan Santri dan Penerus Bangsa Berakhlakul Karimah

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan