Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Buya Yahya: Lima Syarat dalam Islam Soal Wanita Karier

hasanah syakim Senin, 02 Januari 2023 - 04:00 WIB
Buya Yahya: Lima Syarat dalam Islam Soal Wanita Karier
ilustrasi (foto: LANGIT7.ID/ iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Di era modern sebagian wanita memilih mengembangkan dirinya sebagai wanita karier. Hal ini menyebabkan banyak wanita termasuk di Indonesia yang tidak lagi terikat dengan tradisi zaman dahulu atau masyarakat tradisional.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah, Yahya Zainul Ma'arif atau kerap disapa Buya Yahya menyampaikan lima catatan dalam Islam, bagi wanita boleh berkarier. Pertama, izin serta restu suami.

"Jadi pertama meminta izin suami dengan cara yang baik dan benar. Izin harus dengan dengan penuh kelembutan, sopan serta santun," kata Buya Yahya dalam kajian yang dikutip Ahad (1/1/2023).

Baca juga: 4 Cara Tingkatkan Motivasi Setiap Hari, Jangan Sampai Stagnan

Kedua, kata Buya Yahya adalah hendaklah memilih pekerjaan yang terhormat serta sesuai dengan kemuliaan seorang wanita muslimah. "Kedua ini, artinya pekerjaan yang dilakukan itu halal," lanjutnya.

Lebih lanjut, Buya Yahya mengatakan catatan ketiga ialah pekerjaan yang ditekuni tidak bertentangan dengan kehormatan seorang wanita muslimah.

"Keempat, tidak menjadikan kewajiban yang lain terbengkalai termasuk pada anak dan keluarganya," ungkapnya.

Menurutnya, apabila wanita hendak berkarier maka kata Buya Yahya pastikan pekerjaan yang dijalani tetap bisa menjalankan tugasnya sebagai ibu dan juga istri bagi keluarganya.

Baca juga: Sambut Awal Tahun Produktif, Jaga Kesehatan dan Perbanyak Pahala

"Kelima ini yang terpenting. Pastikan kalau suatu ketika benar-benar sukses seorang wanita semakin tawaduk kepada suami. Ini sebab banyak perempuan yang menjanda karena saat punya masalah sedikit, minta cerai. Merasa aku bisa," ungkapnya.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan