Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Tips Memilih Sekolah yang Aman dan Ramah Anak

Muhajirin Senin, 06 Februari 2023 - 14:10 WIB
Tips Memilih Sekolah yang Aman dan Ramah Anak
Ilustrasi sekolah (foto: Langit7.id/Muhajirin)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pegiat Keayahan, Ayah Irwan Rinaldi, mengingatkan para orang tua untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. Memilih sekolah yang tepat sangat penting agar pertumbuhan fisik anak sejalan dengan perkembangan psikologisnya.

Keberhasilan pengasuhan anak membutuhkan pihak ketiga sebagai pemeran pembantu. Meski pemeran pembantu, tapi mempunyai pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pihak ketiga yang paling populer di Indonesia adalah sekolah.

“Kenapa kita perlu membicarakan memilih sekolah ini karena ada banyak pertimbangan, salah satunya mendidik anak, mengasuh anak, membangkitkan potensi anak tidak bisa hanya berdua dan keluarga. Harus ada pihak ketiga dan yang paling dominan itu adalah sekolah,” kata Ayah Irwan dalam webinar parenting yang digelar Yayasan Ma’rifatussalam yang diikuti Langit7, dikutip Senin (6/2/2023).

Baca Juga: Jangan Sekadar Belajar, Kejar Berkah Ilmu agar Bermanfaat

Ayah Irwan menjelaskan, ada dua hal penting yang harus diperhatikan orangtua sebelum memilihkan sekolah untuk anak, di antaranya:

1. Anak adalah Amanah

Anak adalah amanah yang dititipkan oleh Allah kepada seluruh orangtua di muka bumi. Oleh karena itu, amanah tersebut harus dijaga agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan nilai-nilai Al Qur’an dan sunah.

“Wahai orang-orang yang beriman Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu menghianati amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. Al-Anfal: 27)

Baca Juga: 10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Generasi Stroberi

Dalam hal ini, ada dua amanah yang diberikan kepada orangtua yakni amanah tubuh dan amanah nontubuh. Amanah tubuh berkaitan dengan pertumbuhan anak. Ini terkait dengan kewajiban ayah mencari nafkah dan merawat anak.

“Sedangkan, nontubuh meliputi perkembangan anak. Perkembangan ini ada perkembangan spiritual, emosional, spiritual, sosial, dan intelektual. Jadi, tidak sekadar mengurus fisik kita. Jadi, orang tua bekerjasama untuk menyamakan persepsi ini dulu. Amanah dari Allah nanti akan dipertanggung jawabkan kepada Allah,” kata Ayah Irwan.

2. Orangtua Harus Persiapan Generasi Kuat

Allah juga memberikan amanah kepada setiap orang tua agar tidak meninggalkan generasi yang lemah. Lemah dalam artian lemah dalam perkara ekonomi maupun lemah perkara mental atau keimanan.

Baca Juga: Banyak Remaja di Indonesia Tak Lanjut Kuliah, Ini Penyebabnya

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwah kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. An-Nisa: 9)

Peran sekolah sangat penting dalam hal ini. Sekolah membantu orangtua menguatkan mental anak, serta mendidik mereka untuk mandiri dalam menjalani kehidupan di masa depan. Maka itu, sangat penting memilih dan bekerjasama dengan pihak sekolah untuk mencetak generasi kuat.

“Mengapa kita harus memilihkan sekolah yang baik kepada anak? Karena Allah memberikan amanah untuk tidak meninggalkan anak-anak yang lemah. Anak-anak lemah itu usia biologisnya lebih maju atau lebih cepat matangnya daripada usia psikologisnya,” ujar Ayah Irwan.

Baca Juga: Indonesia Peringati Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama Dunia

Tugas dan kerjasama orangtua dan sekolah adalah mendidik anak agar usia psikologis anak lebih maju daripada usia biologisnya. Target keberhasilan sebuah pendidikan dan pengasuhan adalah usia perkembangan lebih mateng dari usia biologisnya.

“Jangan sampai ada anak umur 30 tahun ke atas, tetapi menyelesaikan masalah seperti anak 20 tahun. Ini merupakan sebuah catatan, mengapa kita harus memilih dan memilah betul sekolah mana yang harus kita pilih untuk anak,” pungkas Ayah Irwan.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan