Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

Gerakan Wakaf Indonesia akan Jadi Motor Penggerak Perekonomian

Muhajirin Kamis, 16 Maret 2023 - 17:40 WIB
Gerakan Wakaf Indonesia akan Jadi Motor Penggerak Perekonomian
Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Maruf Amin (Foto: Istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung gerakan wakaf Indonesia yang baru saja diluncurkan, sebab berpotensi menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat. Sebagian masyarakat Indonesia, kerap kali melakukan wakaf sebagai bagian dari ibadah.

Terbukti, seringnya masyarakat melakukan wakaf, membuat Indonesia menempati peringkat teratas negara paling dermawan di dunia menurut World Giving Index 2022 dengan indeks sebesar 68 persen.

“Saya bersyukur ketika ada wakaf di Tebuireng ini. Menurut saya itu jadi motor penggerak wakaf Indonesia,” ujar Wapres pada Peluncuran Gerakan Wakaf Indonesia yang diselenggarakan di SMA Trensains Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Wapres: Indonesia Siap Kerjasama Sektor Ekonomi Syariah di Kyoto

Menurut Wapres, gerakan wakaf Indonesia perlu dikembangkan secara masif ke depan, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengingat potensi gerakan wakaf Indonesia yang dapat dioptimalkan untuk mendukung berbagai pilar perekonomian.

“Saya inginkan ada gerakan wakaf yang masif yang dahsyat. Kita memang perlu membiayai pendakwah kita, pendidikan kita dan memang itu harus dari wakaf yang dikembangkan,” pesan Wapres.

Sebagai upaya mendorong kemajuan wakaf di seluruh penjuru wilayah Indonesia, Wapres pun menginstruksikan dibentuknya Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), sehingga gerakan wakaf Indonesia dapat dilakukan secara serentak di seluruh pelosok tanah air.

Baca Juga: Wapres Harap Masjid Jadi Tempat Pengembangan Ekonomi Syariah

Sudah terdapat 12 pemerintah daerah tingkat provinsi sedang membangun KDEKS.

“Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sudah saya gerakkan supaya membentuk gerakan di daerah. Maka, dibentuklah Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS),” ungkap Wapres.

Di sisi lain, Wapres menuturkan, saat ini pemerintah bersama dengan para pemangku kepentingan sedang mengupayakan agar sistem perwakafan dapat lebih terstruktur secara profesional.

Baca Juga: Kebakaran Depo Plumpang, Wapres: Momentum Koreksi dan Relokasi

“Kita ingin mengubah sistem perwakafan kita lebih profesional,” harapnya.

Selain itu, Wapres juga meyakini bahwa dana sosial wakaf di Indonesia dapat terus berkembang, sehingga dalam pemenuhan kebutuhan umat Islam dapat tercukupi secara mandiri.

“Dan kalau itu bisa kita bangun, saya yakin dana abadi umat sangat besar dan umat Islam bisa membiayai sendiri, mampu dengan wakaf ini,” kata Wapres optimis.

Baca Juga: Kiai Ma'ruf Amin Angkat Bicara Soal Ka'bah Tandingan Pangeran MBS

Mengakhiri sambutannya, Wapres menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang terlibat atas peluncuran Gerakan Wakaf Indonesia oleh Badan Wakaf Pesantren Tebuireng.

“Saya memberikan apresiasi, penghargaan setinggi-tingginya atas inisiatif untuk pembentukan Gerakan Wakaf Badan Wakaf Pesantren Tebuireng,” tutupnya.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan