Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Biar Puasa Makin Berkah, Perhatikan Tiga Amalan Pokok Ramadhan

Muhajirin Sabtu, 25 Maret 2023 - 23:00 WIB
Biar Puasa Makin Berkah, Perhatikan Tiga Amalan Pokok Ramadhan
Ustaz Adi Hidayat (Foto: Istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ramadhan, bulan suci umat Islam yang dinantikan setiap tahunnya. Selama sebulan penuh, seluruh umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Ramadhan juga merupakan momen yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan amalan, salah satunya adalah dengan melakukan tiga amalan dasar.

Menurut Ustaz Adi Hidayat (UAH), ada tiga amalan dasar Ramadhan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya sebelum bulan nan suci ini tiba. Tiga amalan itu adalah memperbanyak salat, membaca Al Qur'an, dan membelanjakan uang.

Pertama, Salat. UAH mengatakan, memperbanyak salat di bulan Ramadhan tidak hanya sebatas salat wajib, tapi juga sunah. Menurutnya, salat sunah rawatib sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Mengapa Ramadhan Identik dengan Kurma?

“Rawatib adalah salat sunah yang melekat pada salat wajib. Dalam sehari ada 12 rakaat rawatib yang bisa dikerjakan yang jika dilakukan secara konsisten akan membuat kita mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT,” ujar dalam tausiah Ramadhan secara daring, Sabtu (25/3/2023).

Kedua, membaca Al Qur'an. UAH menyampaikan bahwa membaca Al Qur'an di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang sangat besar. Selain meningkatkan kualitas iman, membaca Al Qur'an juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk jantung.

"Nabi Muhammad SAW sendiri selalu membaca Al Qur'an setiap malam di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kita juga harus mencontoh beliau dan membaca Al Qur'an setiap hari selama bulan Ramadhan," ujarnya.

Baca Juga: Ramadhan Bukan Bulan Biasa, Muslim Harus Punya Pola Hidup Berbeda

Ketiga, berinfak. UAH menyampaikan, berinfak di bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Menurutnya, berinfak bisa dilakukan dengan cara bersedekah kepada orang yang membutuhkan, atau dengan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Memberikan uang di bulan Ramadhan bukan hanya sekedar memberikan uang atau barang kepada orang yang membutuhkan, tetapi juga dapat dilakukan dengan memberikan waktu dan tenaga untuk melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, UAH juga menegaskan, tidak semua orang yang berpuasa akan mendapatkan peningkatan ketakwaan dan jaminan empat kemuliaan. Hanya orang yang ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah puasa yang akan mendapatkan peningkatan takwa dan kepastian.

Baca Juga: Soal Larangan Bukber, PKS: Kebijakan Diskriminatif

Dengan melakukan tiga amalan dasar Ramadhan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, diharapkan umat Islam dapat merayakan bulan suci ini dengan penuh kebahagiaan dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Selain itu, diharapkan pula umat Islam dapat memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momen untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadahnya. Selain tiga amalan pokok Ramadhan yang telah disebutkan, masih banyak amalan lain yang bisa dilakukan, seperti dzikir, salat malam, dan amalan sunah lainnya.

“Selain itu, menjaga sikap dan perilaku yang baik juga penting dalam menghadapi bulan suci ini. Dengan begitu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah Ta’ala,” ucap UAH.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan