Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home masjid detail berita

Manfaat Puasa Senin Kamis Bisa Jadi Pengendali Stres

Suandri Ansah Rabu, 08 September 2021 - 17:15 WIB
Manfaat Puasa Senin Kamis Bisa Jadi Pengendali Stres
Manfaat puasa Senin Kamis bisa jadi pengendali stres. (Foto: iStock).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Manfaat puasa Senin Kamis bisa jadi pengendali stres karena bisa membangkitkan energi mental manusia. Karena itulah ibadah ini sangat dianjurkan bagi ummat Islam.

Orang yang rutin menjalankan ibadah tersebut akan merasakan manfaat puasa Senin Kamis yang sangat luar biasa. Salah satunya yakni bisa jadi pengendali stres.

Sejumlah manfaat puasa Senin Kamis yakni bisa lebih percaya diri, bersemangat dan optimistis. Kondisi inilah yang membuat ibadah itu jadi pengendali stres.

Dari sisi kejiwaan, Puasa Senin Kamis ternyata dapat mengendalikan stres. Stres yang tidak terkendali dapat berdampak negatif bagi kesehatan, lalu memunculkan penyakit.

Baca Juga: Ini Kelebihan Orang yang Rajin Ibadah Puasa Sunnah Senin-Kamis

Penyakit yang muncul akibat stres di antaranya hipertensi, ginjal, diabetes, maag, depresi hingga menimbulkan tumor.

Dalam buku 'Keajaiban Puasa Senin Kamis' (2015) mengutip The turning Point: Science Society dan The Raising culture Capra menyatakan, stres yang tak terkendali menjadi ekses terpisahnya sains dengan spiritual.

"Orang yang berpuasa secara regular, minimal bisa membangkitkan energy mental agar orang bersemangat, percaya diri, dan optimistis," kata penulis.

Rasulullah menganjurkan ibadah tersebut karena saat Senin dan Kamis amal perbuatan manusia dilaporkan kepada Allah subhanahu watala, lalu diampuni lah dosa-dosanya.

"Kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka firman-Nya, 'Tangguhkan lah keduanya'." (HR Ahmad).

Cara mengerjakan puasa Senin Kamis sama seperti puasa Ramadhan, yakni niat dan menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan