Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Tim Cek Fakta Siap Tempur Lawan Hoaks di Tahun Politik

ummu hani Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:08 WIB
Tim Cek Fakta Siap Tempur Lawan Hoaks di Tahun Politik
Ilustrasi. (Foto: Langit7.ID/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dirasakan semakin dekat. Tahun pemilu merupakan arena pertempuran data terkait informasi calon dan sebagainya.

Berkaca dari pemilu 2019 lalu, masyarakat terpolarisasi akibat banyaknya hoax di media sosial. Tim Cek Fakta bergerak cepat untuk menghadapi kemungkinan carut marut informasi pada pemilu mendatang. "Tahun politik merupakan zona tempur bagi para checker/pemeriksa data," kata anggota Cek Fakta, Elin Yunita Kristiani, dalam Diskusi Publik bertajuk "Kolaborasi Menangkal Hoaks Menjelang Pemilu 2024, Kamis (18/2/2022).

Baca juga: Komisi II DPR Umumkan Daftar Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

Di tahun pemilu, banyak kelompok yang memanfaatkan situasi di balik informasi palsu yang beredar. Bahkan, ada yang rela memecah belah dan mengorbankan masyarakat untuk kepentingan masing-masing. Tim Cek Fakta hadir untuk memberikan wawasan kepada masyarakat bagaimana memilih informasi yang benar.

Dalam hal ini, tim Cek Fakta berkoordinasi dalam Rapat Kerja Nasional. Hasil dari rapat tersebut di antaranya, memilih koordinator nasional Tim Cek Fakta yang berasal dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI). Kemudian membahas bidang advokasi untuk mengurus tindak kekerasan kepada anggota tim Cek Fakta.

“Tahun 2019 lalu, beberapa anggota cek fakta mengalami serangan balik, diantaranya doxing (Melacak identitas seseorang dari dunia maya yang kemudian digunakan untuk menyerang di dunia nyata-Red)," ujar Elin.

Baca juga: Ketua DPR Harap Pemilu Serentak Jamin Hak Konstitusional Warga

Selain itu, tim Cek Fakta juga membahas Standar Operating Procedure (SOP) dan program kerja prioritas serta penguatan kembali 24 lembaga yang tergabung dalam cekfakta.com. Elin berharap pengalaman pemilu di tahun 2019 yang membuat masyarakat terpecah belah tidak terulang lagi di tahun 2024 mendatang.

"Keutuhan Bangsa menjadi hal terpenting yang harus dijaga bersama. Kita tidak ingin para politisi memanfaatkan hoax untuk menyanjung diri sendiri dan menjatuhkan lawan mereka," ungkap Elin.

Baca juga:

Pemerintah, DPR dan Penyelenggara Sepakat Pemilu Serentak 14 Februari 2024

PKS Konsisten Tolak Wacana Jabatan Presiden 3 Periode


(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan