alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

Orang Tua Wajib Beri Pendidikan Terbaik untuk Anak

Muhajirin Kamis, 24 November 2022 - 04:03 WIB
Orang Tua Wajib Beri Pendidikan Terbaik untuk Anak
ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
LANGIT7.ID - Wakil Ketua Markaz Takwinil Ulama Mauritania, Syaikh Mahfuzh Walad Ibrahim Fal Asy-Syinqithi, mengatakan, salah satu tanggung jawab orang tua kepada anak adalah memberikan Pendidikan terbaik. Itu agar usia dini anak tidak sia-sia pada hal yang tidak bermanfaat.

“Sesungguhnya di antara hak para anak kepada orang tuanya agar mengajari mereka, mengader mereka, memotivasi mereka untuk itu, dan agar tidak menyia-nyiakan usia dini mereka, melainkan (harus) dengan menuntut ilmu,” kata Syaikh Mahfuzh di kanal مركز تكوين العلماء, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: 3 Kewajiban Orang Tua kepada Anak, Beri Nama Baik hingga Benahi Akhlak

Kualitas anak yang baik disebabkan pendidikan kuat yang baik dari orangtuanya. Oleh karena itu, orang tua diperintahkan untuk mendidik anak. Sebagaimana itu disebutkan Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman -dengan isnad yang jayyid/bagus- meriwayatkan atsar dari Ibnu Umar berkata,

أَدِّبِ ابْنِكَ، فَإِنَّكَ مَسْئُولٌ عَنْ وَلَدِكَ، مَاذَا أَدَّبْتَهُ؟ وَمَاذَا عَلَّمْتَهُ، وَإِنَّهُ مَسْئُولٌ عَنْ بِرِّكَ وَطَوَاعِيَتِهِ لَكَ

“Didiklah anakmu, karena sesungguhnya engkau akan dimintai pertanggungjawaban mengenai pendidikan dan pengajaran yang telah kau berikan kepadanya, dan engkau akan ditanya mengenai kebaikan dirimu kepadanya serta ketaatannya kepada dirimu.”

Pada saat anak masih berusia dini, maka orang berkewajiban memberikan Pendidikan terbaik. Jika tidak mumpuni, maka bisa mencarikan guru terbaik atau membukakan jalan terbaik untuk pendidikan mereka. Maka itu, orang tua telah berkhidmat kepada umat, karena telah mendidik anak menuntut ilmu.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Jika Orang Tua Kurang dalam Ilmu Agama

"Bahwasanya siapa yang telah mengajukan anak-anak terpelajar bagi umat, maka dia telah mengusahakan banyak kebaikan. Tapi siapa yang tidak mengajukannya, dan siapa yang mengantarkan anak-anaknya, maka dia telah menyia-nyiakannya, makai a telah memperlihatkan bahaya bagi kaum muslimin,” ujar Syaikh Mahfuzh.

Syaikh Mahfuzh menegaskan, jika orang tua mendidik anak dengan ilmu bermanfaat, maka sama saja telah memperbaiki kehidupan anak di dunia dan akhirat. Itu juga menjadi investasi bagi orang tua itu sendiri.

Hal itu dikarenakan jika orangtua mendidik anak dengan kuat dan dengan ilmu, lantas si anak mengamalkan dan menyebarkan ilmu, sehingga bermanfaat di tengah masyarakat, maka pahala akan terus mengalir.

Baca Juga: Berhasil Didik Anak Beriman, Ini Kewajiban Orang Tua Selanjutnya

Sebagaimana sabda Nabi dalam hadis shahih yang diriwayatkan Muslim dalam Shahihnya dari Abu Hurairah:

إِذَا مَاتَ الإنْسَانُ انْقَطَعَ عنْه عَمَلُهُ إِلَّا مِن ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِن صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو له

“Jika manusia meninggal, terputuslah amalnya darinya melainkan dari tiga hal: melainkan dari sedekah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat dengannya, atau anak shalih yang mendoakannya.”

“Lantas, barangsiapa yang mengajari anak-anaknya ilmu, maka dia akan memperoleh dampaknya di hari kiamat, dan anak termasuk manifestasi bapaknya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,” ujar Syaikh Mahfuzh.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan