Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home global news detail berita

BPOM Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin IndoVac untuk Booster

ummu hani Jum'at, 04 November 2022 - 22:00 WIB
BPOM Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin IndoVac untuk Booster
Ilustrasi vaksinasi dosis ketiga atau booster. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin edar darurat (Emergency Use Authorization atau EUA) untuk vaksin IndoVac sebagai dosis penguat (booster). Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala BPOM Penny Lukito.

"Jadi, izin vaksin IndoVac booster-nya sudah kami keluarkan kemarin. BPOM dudah setujui, dan langsung diinfokan ke Pak Menteri BUMN," kata Penny dalam konferensi pers daring di kanal YouTube BPOM, Jumat (4/11/2022).

BPOM memastikan PT Bio Farma selaku perusahaan yang memproduksi IndoVac sudah mendapatkan informasi terbitnya izin edar tersebut.

"Namun mungkin belum ada siaran pers karena baru kemarin. Ini semacam siaran pers bahwa vaksin IndoVac memang booster-nya sudah dikeluarkan dan sudah terinfokan PT Bio Farma-nya," ucap Penny.

Baca Juga: Luncurkan IndoVac, Jokowi Dorong Kemandirian Vaksin Dalam Negeri

Sebagai informasi, IndoVac awalnya hanya digunakan untuk vaksinasi primer. IndoVac diberikan dalam dua dosis suntikan atau 25 μg (mikrogram) per dosis dengan interval 28 hari.

IndoVac dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, USA. IndoVac merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan dengan kandungan zat aktif rekombinan Receptor-Binding Domain (RBD) protein S virus SARS-Cov-2, platform rekombinan protein sub-unit.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta jajarannya untuk mendukung sekaligus mendorong program pengembangan vaksin di tanah air. Hal tersebut agar Indonesia dapat lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan vaksin nasional.

"Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan, dorong terus Bio Farma. Sehingga nanti akan betul-betul menghasilkan sebuah revenue yang semakin besar bagi negara dan kita memiliki kemandirian, berdikari betul di dalam urusan vaksin," kata Jokowi saat meluncurkan sekaligus meninjau penyuntikan perdana vaksin Covid-19 produksi dalam negeri yaitu Vaksin IndoVac, di pabrik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga:

Jokowi Apresiasi Pembangunan Pabrik Vaksin Covid-19 Berbasis mRNA

BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Buatan Lokal


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
4 uea
5 lansia
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan