Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Kemenag: 350.000 Guru Madrasah Dapat Akses Platform Merdeka Mengajar

Garry Talentedo Kesawa Selasa, 21 Februari 2023 - 04:05 WIB
Kemenag: 350.000 Guru Madrasah Dapat Akses Platform Merdeka Mengajar
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) memberikan akses bagi ratusan ribu guru madrasah untuk dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Akses ini diberikan dalam bentuk distribusi email dengan domain @madrasah.kemenag.go.id.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain mengatakan, distribusi akses ini menjadi bagian upaya akselerasi peningkatan pemahaman guru atas paradigma Merdeka Mengajar sebagai fondasi dalam menerapkan kurikulum merdeka.

"Pada tahap awal, kami siapkan 350.000 email dengan domain @madrasah.kemenag.go.id untuk guru madrasah. Sudah diterbitkan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tertanggal 16 Februari 2023 perihal distribusi akun email ini," ujar M Zain dilansir dari laman Kemenag, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Kemenag Kembangkan Kurikulum Madrasah Digital Entrepreneurship

Dalam hal ini, M Zain mengklaim pihaknya sudah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Adapun guru madrasah dengan identitas email yang menggunakan domain kemenag.go.id dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar yang disediakan Kemendikbudristek.

Selain itu, M Zain menuturkan, salah satu fokus program Direktorat GTK Madrasah adalah implementasi Kurikulum Merdeka. Untuk itu, Zain meminta para pendidik madrasah lebih cepat beradaptasi dengan setiap perkembangan.

"Guru harus memiliki pemahaman yang komprehensif tentang paradigma baru ini. Perlu gerakan yang massif dan dilakukan dengan cara yang merdeka," tambahnya.

Kepala Subdit Bina GTK MA/MAK, Anis Masykhur menambahkan, akun email didistribusikan melalui SIMPATIKA kepada 350.000 madrasah yang sudah terdata. Daftar madrasah bisa dilihat melalui https://bit.ly/data_madrasah01.

Baca Juga: Implementasi Kurikulum Merdeka: Beri Keleluasaan Guru dan Siswa Madrasah Berkreasi

Menurut Anis selaku leading sector program peningkatan keprofesian berkelanjutan (PKB--Guru), hanya Kepala Madrasah yang dapat mengakses https://akun.madrasahebat.id/. Setelah itu, dia dapat mendistribusikan akun email kepada para guru yang ada di lembaganya.

"Para pendidik dianjurkan juga untuk memanfaatkan akun tersebut dalam rangka men-support pengakraban terhadap teknologi informasi," tutur Anis.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam juga menyediakan portal Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran agama pada link https://cendikia.kemenag.go.id/publik/kategori/1/39/68.

Ditjen Pendidikan Islam masih memproses penyelesaian 800 ribuan akun guru lainnya agar dapat mengakses PMM dan platform lainnya. Dengan platform tersebut, akselerasi pemahaman merdeka belajar betul-betul dapat diakselerasi.

Baca Juga:

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Berawal dari Pesantren, Madrasah Jadi Antitesis Sekolah Modern ala Penjajah


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan