Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Implementasi Kurikulum Merdeka: Beri Keleluasaan Guru dan Siswa Madrasah Berkreasi

mahmuda attar hussein Rabu, 08 Februari 2023 - 12:00 WIB
Implementasi Kurikulum Merdeka: Beri Keleluasaan Guru dan Siswa Madrasah Berkreasi
Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sosilalisasi dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah. (Foto: Dok. Kemenag)
LANGIT7.ID, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) baru saja menyelesaikan tahapan Sosilalisasi dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah. Giat yang berlangsung selama 13 hari (27 Januari-8 Februari 2023) diikuti sebanyak 641.635 guru madrasah.

Dirjen Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani mengatakan, IKM untuk madrasah akan memberikan keleluasaan bagi para guru dan muridnya untuk berkreasi dan mengembangkan potensi yang ada.

Baca Juga: DPR-Pemerintah Sepakat Tak Wajibkan Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

"Kurikulum Merdeka memberi ruang luas bagi guru dan siswa untuk berkreasi dan mengembangkan seluruh potensinya. Siswa mengalami proses belajar dengan bahagia. Saya harap guru mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang," kata Ali di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Kegiatan sosialisasi dan bimtek itu, lanjut Ali, merupakan upaya Kemenag untuk membumikan kebijakan Kurikulum Merdeka. "Tujuannya agar madrasah bisa lebih optimal dalam menyiapkan pelaksanaan kurikulum merdeka," ujar Ali.

Selain itu, Kemenag juga akan terus melakukan upaya perbaikan mutu pendidikan madrasah. Termasuk dalam aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Saat ini madrasah sudah menjadi pilihan utama masyarakat. Jadi, pemanfaatan teknologi sangat penting untuk menjangkau seluruh lapisan stakeholders madrasah yang sangat luas dan beragam," tambahnya.

Baca Juga: Cetak SDM Berkualitas, Indonesia Perlu Perbaiki Peta Jalan Pendidikan

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir para praktisi pendidikan madrasah berpengalaman. Dengan pembahasan materi meliputi pengantar IKM, kebijakan IKM pada madrasah, penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, pembelajaran, asesmen, praktik baik P5 PPRA, dan pendaftaran IKM melalui PDUM.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membumikan kebijakan kurikulum merdeka dan memberikan pengayaan wawasan. Serta keterampilan kepada guru madrasah dalam mengajar sesuai spirit kurikulum merdeka," ucap Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom.

Isom menambahkan, para peserta yang tergabung dalam zoom meeting sebanyak 179.098 orang dan tersebar di 4.000 titik lokasi. Mereka terdiri dari jenjang RA, MI, MTs dan MA/MAK.

Sementara jumlah view untuk sosialisasi dan bimtek IKM melalui YouTube Streaming mencapai 462.537 orang. Jumlah ini terdiri 75.323 view untuk jenjang MA, 125.899 view untuk MTs, 144.802 untuk MI, dan 116.513 untuk RA. "Jadi, total ada 641.635 orang yang mengikuti bimtek ini, baik melalui zoom maupun streaming," tutur Isom.

Baca Juga:

Disukai Guru, Platform Merdeka Belajar Mudahkan Pembuatan RPP

Platform Merdeka Mengajar Menciptakan Pembelajaran Kolaboratif


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan