Berserah bukan berarti berhenti berusaha, tapi menenangkan hati sambil percaya penuh kepada Allah. Pelajari makna sejati tawakal dalam Islam melalui kisah Rasulullah ? dan ayat Al-Quran yang mengajarkan keseimbangan antara ikhtiar dan pasrah.
Quraish Shihab menafsirkan kebangsaan bukan sekadar ikatan darah atau tanah, melainkan amanah moral yang dijiwai takwa. Al-Quran, katanya, mengajarkan cinta tanah air tanpa menyingkirkan Tuhan.
Utsman bin Affan, khalifah ketiga, dikenal lembut dan pemalu, namun teguh dan dermawan. Sosok saudagar saleh ini memimpin di masa transisi: dari kekhalifahan menuju kekuasaan yang menyerupai kerajaan
Syariat Islam sering disalahpahami sebagai budaya Arab. Padahal, ia bersifat universal, melampaui zaman dan bangsa. Bahasa Arab bukan simbol etnis, melainkan kunci memahami wahyu Ilahi yang abadi.
Kisah inspiratif Hetty Green, wanita terkaya abad ke-19 yang dijuluki manusia paling kikir di dunia, mengingatkan kita bahwa kekikiran bukan hanya soal uang, tapi juga tentang bagaimana kita menggunakan potensi diri yang telah Allah berikan.
Syariat Islam kerap disalahpahami sebagai budaya Arab kuno. Padahal, ia wahyu yang melampaui ruang dan waktuuniversal, adil, dan relevan bagi seluruh umat manusia sepanjang zaman.
Hadis Nabi SAW menegaskan: Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan. Islam bukan menolak keindahan, tapi menempatkannya sebagai cermin imanselaras antara lahir, batin, dan kebenaran.
Al-Quran adalah mukjizat yang indah dan abadi. Ia memikat akal dan jiwa lewat bahasa, suara, dan maknanya. Tiap ayatnya bukan sekadar bacaan, tapi keindahan ilahi yang menghidupkan hati manusia.
Hidup tak selalu mudah, tapi di balik setiap ujian ada pelajaran tentang kesabaran dan keyakinan. Saat doa terasa belum dijawab, Allah justru sedang mendidik hati agar lebih kuat dan percaya pada waktu terbaik-Nya.
Dalam Al-Quran, akal bukan sekadar alat berpikir, tapi juga tali pengikat moral yang menahan manusia dari kesalahan. Sebuah harmoni antara nalar, hati, dan iman.
Di bawah bayang-bayang Snouck Hurgronje, kolonial Belanda berusaha memahami Islam sambil tetap mencurigainya. Dari politik pengawasan dan tafsir akademik yang bias, lahir kesadaran baru di kalangan Muslim Hindia.
Kolonialisme membelah arah Islam di Nusantara: Inggris merangkul elite lama, Belanda mendekati kaum pembaru. Dari benturan sayyid, reformis, dan kolonial lahirlah kesadaran baru: Islam sebagai ruang perjuangan bangsa.
Jangan hanya berdoa tanpa bertindak. Rezeki datang kepada mereka yang berani melangkah, bekerja keras, dan menjemput peluang. Jadikan usaha dan bisnis sebagai ibadah yang membawa keberkahan dan kelapangan rezeki sesuai ajaran Nabi shallallahu alaihi wasallam.
Tragedi Cimareme 1919 mempertemukan dzikir dan peluru. Di balik doa Haji Hasan tersimpan perlawanan agraria dan kebangkitan politik Islam. Kolonial menanggapinya dengan darah, bukan keadilan.
Roh adalah rahasia yang tak sepenuhnya terjangkau oleh akal manusia. Al-Quran menyebutnya urusan Tuhan, menandai batas pengetahuan manusia di hadapan keagungan ilahi.
Dalam tafsir Quraish Shihab, qalb adalah ruang batin yang hidupwadah cinta, iman, dan rasa takut. Ia bisa bersinar atau membatu, tergantung sejauh mana manusia menjaga kejernihannya.
Saat ada orang sakit, baik itu anggota keluarga, kerabat, maupun teman, selain berikhtiar secara medis sebaiknya dibarengi juga dengan doa memohon kesembuhan.
Empat nasihat ulama besar ini menyentuh hati setiap muslim. Dari Imam Asy-Syafie hingga Imam Al-Ghazali, setiap kalimatnya mengajarkan ketenangan, kerendahan hati, dan cara mendekatkan diri kepada Allah. Temukan nasihat yang paling sesuai dengan kondisi hatimu hari ini.
Dalam tafsir Quraish Shihab, nafs bukan sekadar dorongan batin, tapi ruang batin manusia tempat bersemayam potensi baik dan buruk. Dari sinilah perubahan, moral, dan arah hidup bermula.
Quraish Shihab menafsirkan fitrah manusia bukan hanya sebagai naluri beragama, tapi juga sistem penciptaan yang melekat sejak awalmengarahkan manusia pada kebaikan, rasionalitas, dan keseimbangan hidup.